MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK BERITA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PROYEKTOR PADA SISWA KELAS X SMA SWASTA KAMPUS TELUKDALAM TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014

Main Author: Zagoto, Anita
Format: Article info application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: Institut Pendidikan Tapanuli Selatan , 2020
Online Access: http://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/1539
http://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/1539/707
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam menyimak berita melalui penggunaan media proyektor di SMA Swasta Kampus Telukdalam Tahun Pembelajaran 2013/2014. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-A Semester I SMA Swasta Kampus Telukdalam Tahun Pembelajaran 2013/2014 yang berjumlah 50 orang dan terdiri dari 21 orang laki-laki dan 29 perempuan. Penelitian ini dilaksanakan melalui penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan berbagai instrumen yaitu, lembar observasi, tes menyimak berita dan angket.Hasil penelitian yang diperoleh pada siklus I adalah 48% siswa yang tidak terlibat aktif pada pertemuan pertama dan 30% pada pertemuan kedua. Siswa yang terlibat aktif dalam pembelajaran pada pertemuan pertama 76,87% sedangkan pada pertemuan kedua adalah 82,50%. Hasil pengamatan untuk peneliti adalah 85.71% pada pertemuan pertama dan 92,85% pada pertemuan kedua. Rata-rata nilai siswa pada tes menyimak berita pada siklus I ini adalah 65,46 dengan persentase 87,45%. Pada siklus II siswa yang tidak terlibat aktif dalam pembelajaran adalah 16 % pada pertemuan pertama dan 6 % pada pertemuan kedua. Persentase siswa yang terlibat aktif dalam pembelajaran adalah 86.75% pada pertemuan pertama dan 89,87% pada pertemuan kedua. Rata-rata nilai siswa pada tes menyimak adalah 88,28 dengan persentase ketuntasan 92%. Hasil angket pada akhir siklus II berkategori sangat baik dengan persentase 90,17%. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan proyektor dalam pembelajaran maka keterampilan siswa menyimak berita dapat meningkat serta menciptakan pembelajaran yangberkualitas. Sebaiknya guru dapat menguasai media yang digunakan dalam pembelajaran agar proses belajar mengajar dapat berjalan dengan lancar sehingga tercipta suasana yang menyenangkan.