THE DEVELOPMENT OF CRITICAL AND CREATIVE THINKING ABILITY IN INTEGRATED SCIENCE LEARNING ON HUMAN EXCRESSION SYSTEM MATERIALS FOR JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS
Main Authors: | Trimawati, Karina, ., Tjandrakirana, ., Raharjo |
---|---|
Format: | Article info application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
, 2020
|
Online Access: |
http://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/1531 http://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/1531/699 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran berupa tes kemampuan berpikir kritis dan kreatif yang layak pada materi Sistem Ekskresi Manusia yang mengacu pembelajaran IPA Terpadu untuk siswa SMP. Adapun pengembangan perangkat merupakan modifikasi dari model Dick dan Carey yang diujicobakan pada siswa kelas VIII SMP semester genap tahun pelajaran 2018/2019 dan dilakukan pengulangan sebanyak 2 kali. Rancangan penelitian One-Group Pretest-Posttest Design. Data penelitian yang diukur adalah validitas, reliabilitas, dan sensitivitas dari perangkat tes kemampuan berpikir kritis dan kreatif serta dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (a) dari 10 butir soal tes kemampuan berpikir kritis dan kreatif terdapat 2 butir soal yang dinyatakan tidak valid dengan nilai rata-rata masing-masing butir soal yang tidak valid 0,53, (b) reliabilitas perangkat tes kemampuan berpikir kritis dan kreatif sebesar 85% dengan kategori tinggi, (c) kedua butir soal yang tidak valid juga dinyatakan tidak sensitiv dan memiliki nilai sensitivitas masing-masing sebesar 0,03 dan 0,26, dan (d) hasil tes berpikir kritis dan kreatif siswa terdapat peningkatan, kemampuan berpikir kritis meningkat dari 12,73 (kurang kritis) menjadi 21,08 (sangat kritis) sehingga memperoleh N-Gain sebesar 0,70 (tinggi) dan kemampuan berpikir kreatif meningkat dari 10,05 (kurang kritis) menjadi 17,02 (kreatif) sehingga memperoleh N-Gain sebesar 0,54 (sedang). Simpulan perangkat tes kemampuan berpikir kritis dan kreatif dalam pembelajaran IPA Terpadu yang dikembangkan layak untuk digunakan.