PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR TEMATIK DENGAN STRATEGI INKUIRI PADA TEMA LINGKUNGAN DI KELAS III SDN 1001004 SITINJAK
Main Author: | Nasution, Sartika Rati Asmara |
---|---|
Format: | Article info application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
, 2020
|
Online Access: |
http://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/1526 http://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/1526/721 |
Daftar Isi:
- Berdasarkan observasi dan wawancara peneliti di SDN 100104 Sitinjak, bahwa rendahnya dan hasil belajar tematik siswa kelas III pada tema Lingkungan. Rumusan masalah penelitian ini bagaimana peningkatan aktivitas dan hasil belajar tematik siswa pada tema lingkungan melalui Strategi Inkuiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas dan hasil belajar tematik siswa pada tema lingkungan melalui Strategi Inkuiri. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dari penelitian ini siswa kelas III sebanyak 35 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah pencatatan lapangan, lembar observasi, dokumentasi fhoto, lembar tes. Dari hasil penelitian, diperoleh persentase Aktivitas siswa siklus I sebesar 50,30%, meningkat pada siklus II menjadi 74,38% dan persentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I sebesar 71,4% meningkat pada siklus II sebesar 97,7%. Jadi, pembelajaran tematik dengan tema lingkungan menggunakan Strategi Pembelajaran Inkuiri dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Dari hasil penelitian, disarankan agar guru dapat menggunakan Strategi Inkuiri untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran.