PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS BERITA MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE TTW (THINK TALK WRITE) DENGAN MEDIA VIDEO PERISTIWA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 PADANGSIDIMPUAN T.A 2016/2017

Main Author: Harahap, Ratna Sari Dewi
Format: Article info application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: Institut Pendidikan Tapanuli Selatan , 2019
Online Access: http://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/1401
http://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/1401/611
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan proses pembelajaran, peningkatan menulis teks berita, dan perubahan perilaku siswa selama mengikuti pembelajaran dengan model kooperatif tipe TTW dengan media video peristiwa Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah keterampilan menulis teks berita siswa kelas VIII-I SMP Negeri 2 Padangsidimpuan. Penelitian ini terbagi atas siklus I, dan siklus II Teknik pengambilan data dilakukan dengan menggunakan soal tes, observasi. Analisis data meliputi data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif menunjukkan hasil tes menulis teks berita, sedangkan data kualitatif menunjukkan proses pembelajaran dan perubahan perilaku siswa.  Hasil penelitian menunjukkan proses pembelajaran menulis teks berita melalui model kooperatif tipe TTW ( Think Talk Write) dengan media video peristiwa mengalami perubahan lebih baik. Proses pembelajaran terjadi dua kali pertemuan pada setiap siklusnya. Kualitas pembelajaran meningkat dari siklus I ke siklus II. Berdasarkan data tes nilai rata-rata kelas pada siklus I sebesar 56.48, serta siklus II mencapai 80.67. Hal ini menunjukkan peningkatan dari tahap siklus I ke siklus II mencapai 42,82%. Berdasarkan hasil nontes, siswa juga mengalami perubahan perilaku. Siswa yang pada tahap Siklus I banyak melakukan sikap negatif seperti tidak memperhatikan penjelasan peneliti, tidak aktif dalam berkelompok, serta enggan bertanya ketika mengalami kesulitan, pada siklus I dan pada siklus II mulai menunjukkan perilaku yang positif.