PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DI KELAS V SD NEGERI 200117 SADABUAN

Main Author: ., Ernidawati
Format: Article info application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: Institut Pendidikan Tapanuli Selatan , 2019
Online Access: http://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/1396
http://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/1396/616
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yang telah ditetapkan yaitu 65. Hal ini disebabkan oleh metode pembelajaran yang digunakan guru masih konvensional hingga siswa kurang berminat dalam mengikuti pembelajaran. Untuk mengatasi salah tersebut diterapkan model Problem Based Learning yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar. Tujuan penelitian ini untuk mengungkapkan peningkatan aktivitas dan hasil belajar matematika dengan menggunakan model Problem Based Learning di kelas V SDN 200117 Sadabuan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif kuantitatif Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas atan perencanaan, pelaksanaan tindakan yang disertai pengamatan dan refleksi pada masing-masing siklus. Penelitian ini dilaksanakan pada semester II tahun ajaran 2017/2018 di SDN 200117 Sadabuan. Data penelitian inidikumpulkan melalui observasi, catatan lapangan, dokumentasj dan basil tes.Berdasarkan hasil penelitian dan pcmbahasan diperoleh kesimpulan sebagai berikut. 1) Penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan aktivitas belajar matematika di kelas V SDN 200117 Sadabuan. 2) Penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar matematika di kelas V SDN 200117 Sadabuan.