HIGH ORDER THINKING SKILL FOUND IN READING QUESTIONS OF TIGA SERANGKAI ENGLISH TEXTBOOK FOR TWELFTH GRADE SENIOR HIGH SCHOOL
Main Authors: | Munajijatin, Umi, ., Sulistyaningsih |
---|---|
Format: | Article info application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
, 2019
|
Online Access: |
http://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/1381 http://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/1381/563 |
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian in iadalah untuk menemukan high order thinking skill berdasarkan edisi revisi taksonomi Bloom oleh Anderson dan Kratwohl dalam pertanyaan-pertanyaan pada bacaan yang ada di buku teks bahasa Inggris yang diterbitkan oleh Tiga Serangkai untuk SMA kelas dua belas. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode content analysis karena peneliti mengidentifikasi karakteristik tertentu dari materi dalam buku teks. Setelah melakukan analisis data dengan menggunakan checklist tabel sebagai instrumen untuk mengumpulkan data dari buku teks Bahasa InggrisTiga Serangkai, dapat disimpulkan bahwa untuk high order thinking skill, penulis buku teks ini lebih menekankan pada keterampilan analyzing meskipun jika dibandingkan dengan enam domain kognitiflainnya, dianggap memiliki distribusi kecil di antara mereka. Jadi evaluating dan creating hanya berjumlah sedikit. Oleh karena itu, peneliti berpikir bahwa distribusi high order thinking skill dalam pertanyaan-pertanyaan pada bacaan tidak merata karena kisaran skor total terlalu jauh dari distribusi low order thinking skill. Akhirnya, meskipun keterampilan berpikir tingkat tinggi ditemukan dalam pertanyaan-pertanyaa nmembaca pada buku teks bahasa Inggris Tiga Serangkai tetapi tidak diperlakukan dengan baik.