NATION BRANDING KOPI ARABIKA KINTAMANI (Studi Kasus: Kopi Gunung Catur, Desa Catur, Kintamani, Bangli)

Main Authors: Sukiada, Ni Wayan Rainy Priadarsini, Parameswari, Anak Agung Ayu Intan
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Udayana Jalan PB.Sudirman Denpasar, Bali, Indonesia. Telp: (0361) 223544 Email: soca@unud.ac.id , 2020
Online Access: https://ojs.unud.ac.id/index.php/soca/article/view/56772
https://ojs.unud.ac.id/index.php/soca/article/view/56772/33335
Daftar Isi:
  • Kopi Gunung Catur adalah merek kopi specialty Arabika yang berasal dari Kintamani. Kopi arabika ini memiliki kualitas ekspor. Merek Gunung Catur dibudidayakan oleh kelompok tani bernama Subak Abian Tri Guna Karya. Saat ini, branding memiliki peran penting dalam promosi di pasar internasional. Pemerintah Indonesia mulai membangun nation branding untuk kopi Arabika Indonesia demi menghindari klaim dari negara lain dan memperluas akses pasar. Demikian juga untuk Kopi Gunung Catur, harus ada strategi yang tepat untuk meningkatkan citra kopi ini sehingga akses pasarnya semakin terbuka lebar. Anholt mengatakan ada tiga strategi yang dapat meningkatkan citra produk suatu negara, yaitu kompetensi, kontribusi dan komunikasi. Kopi Gunung Catur yang telah memiliki sertifikat Indikasi Geografis (IG) menunjukkan kemampuan petani di Desa Catur untuk mengolah kopi dengan kualitas yang baik. Karena kopi ini dibudidayakan secara organik, maka membantu meningkatkan citra Indonesia di mata dunia tentang perlindungan lingkungan. Filosofi Tri Hita Karana yang digunakan sebagai landasan pembudidayaannya yang mensinergikan perilaku manusia dan menjaga keseimbangan alam memperkuat citra kopi ini untuk pelestarian alam. Kopi Gunung Catur telah memenuhi strategi kompetensi dan kontribusi. Namun, akses pasar masih dikeluhkan oleh petani dan pengolah kopi Kopi Gunung Catur. Melalui metode deskriptif kualitatif, ditemukan permasalahan bahwa masih kurangnya pengembangan strategi nation branding ketiga, yaitu komunikasi. Strategi komunikasi berkontribusi besar dalam mendukung akses pasar, terutama untuk kegiatan ekspor. Memasuki era industrialisasi 4.0, penguasaan Teknologi Informasi (TI) dan semangat kewirausahaan modern adalah strategi utama untuk mengembangkan kegiatan ekspor. Ini belum dikembangkan secara optimal oleh petani dan pengusaha kopi Gunung Catur. Maka melalui penelitian ini ditemukan bahwa penggunaan teknologi dan semangat kewirausahaan modern (technopreneurship) menjadi basis strategi komunikasi sebagai langkah strategis dalam meningkatkan peluang ekspor bagi produsen Kopi Gunung Catur.
  • Kopi Gunung Catur is a brand of specialty Arabica coffee that from Kintamani. This coffee brand has the export quality. This brand is cultivated by the farmer group named Subak Abian Tri Guna Karya. Today, branding has a significant role on the promotion in the international market. The Indonesian government began to build a nation brand for Indonesia Arabica coffee to avoid the claims from other countries and to expand market access. Likewise for Kopi Gunung Catur, there should be a proper strategy to improve the image of this coffee so its market access is increasingly wide open. Anholt said there are three strategies that can improve a country's product image, namely competence, contribution and communication. Kopi Gunung Catur that has been certified by Geographical Indications (IG) shows the ability of the farmers in Catur Village to cultivate coffee with good quality. Because it is cultivated organically, it enhances Indonesia's image worldwide about environmental protection. The philosophy Tri Hita Karana which is used as a cornerstone of its cultivation which synergizes human behavior and maintains the balance of nature strengthens the image of this coffee to the preservation of the nature. Kopi Gunung Catur has fulfilled the competency and contribution strategy. However, market access is still complained by Kopi Gunung Catur’s farmers and coffee makers. Through the qualitative descriptive method, it is found that there is still only small effort to develop a third nation branding strategy, namely communication. The communication strategy contributes greatly in supporting the market access, especially for export activities. Entering the industrialization era 4.0, mastering Information Technology (IT) and having the spirit of modern entrepreneurship is the main strategy to develop export activities. This is not optimally boosted by farmers and entrepreneurs of kopi Gunung Catur. So through this research it was found that the use of technology and modern entrepreneurial spirit (technopreneurship) as the communication based strategy became a right step in increasing export opportunities for Kopi Gunung Catur producers.