Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Ppkn (Studi Korelasi di SMK Kesehatan Letris Indonesia 2 Kota Tangerang Selatan)

Main Author: Tika Sri Wahyuni,
Format: Lainnya NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Pamulang , 2020
Subjects:
Online Access: http://eprints.unpam.ac.id/8737/1/COVER.pdf
http://eprints.unpam.ac.id/8737/2/BAB%20I.pdf
http://eprints.unpam.ac.id/8737/3/BAB%20II.pdf
http://eprints.unpam.ac.id/8737/4/BAB%20III.pdf
http://eprints.unpam.ac.id/8737/5/BAB%20IV.pdf
http://eprints.unpam.ac.id/8737/6/BAB%20V.pdf
http://eprints.unpam.ac.id/8737/7/JURNAL.pdf
http://eprints.unpam.ac.id/8737/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuanuntuk menganalisis data secara empiris pengaruh pembelajaran daring terhadap hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan kelas XI di SMK Kesehatan Letris Indonesia 2 Kota Tangerang Selatan.Populasi terjangkau dalam penelitian ini adalah peserta didik dikelas XI SMK Kesehatan Letris Indonesia 2 Kota Tangerang Selatan. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif adapun metode survei dengan analisis korelasional.Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu random sampling sederhana berjumlah 65 responden untuk dijadikan sampel dengan taraf kesalahan 10%. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen angket atau kuesioner dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan dengan uji linearitas regresi menunjukkan bahwa ada pengaruh pembelajaran daring terhadap hasil belajar dinyatakan liniear, karena dari hasil uji F diketahui Fhitung sebesar -1,1720 sedangkan Ftabel sebesar 1,5820 dan dapat dinyatakan dengan persamaan garis regresi liniear sederhana Y = a + bX, atau 70,9641 + 0,0706X yang dapat diartikan bahwa pengaruhnya bersifat positif. Sedangkan untuk uji signifikan regresi didapat Fhitung sebesar 6,6077 dan Ftabel sebesar 2,7869 yang artinya Fhitung > Ftabel maka dinyatakan signifikan.Selanjutnya hasil uji korelasi thitung (2,59) > ttabel (0,208) karena thitung > ttabel maka hipotesis diterima dan hasil perhitungan uji korelasi determinasi diperoleh 9, 61%, artinya pembelajaran daring berpengaruh sebesar 9, 61% terhadap hasil belajar peserta didik. Dengan demikian hipotesis penelitian ini terbukti bahwa pembelajaran daring berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar peserta didik di SMK Kesehatan Letris Indonesia 2 Kota Tangerang Selatan dapat diterima.