Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh gaya kepemimpinan terhadap kinerja guru pada SMK Makarya 1 Jakarta dengan hipotesis yang di uji ialah, Ho:r_xy=0 (Tidak terdapat pengaruh yang signifikan gaya kepemimpinan terhadap kinerja guru di SMK Makarya 1 Jakarta) danHa:r_xy≠0, (Terdapat pengaruh yang signifikan gaya kepemimpinan terhadap kinerja guru di SMK Makarya 1 Jakarta. Rancangan pengujian hipotesis dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui signifikansi pengaruh gaya kepemimpinan terhadap kinerja dengan membandingkan nilai t_hitungdan〖 t〗_tabel, bila t_hitung≥〖 t〗_tabel maka Ho ditolak dan Ha diterima, begitupun sebaliknya bila t_hitung<〖 t〗_tabel maka Ha ditolak dan Ho diterima. Metode penelitian yang digunakan ialahmetode kuantitatif asosiatif. Metodepengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini diantaranya observasi, dokumentasi dan penyebaran angket (kuesioner) yang berisi 10 pernyataan terkait variabel gaya kepemimpinan dan 10 pernyataan terkait variabel kinerja kepada 50 responden yang juga merupakan guru SMK Makarya 1 Jakarta. Dalam penelitian ini metode analisis statistik yang digunakan untuk mengukur pengaruh gaya kepemimpinan terhadap kinerja yaitu dengan analisis korelasi product moment didapatkan nilai r_xy sebesar 0,611 hal ini menunjukan terdapat pengaruh positif yang kuat gaya kepemimpinan terhadap kinerja guru pada SMK Makarya 1 Jakarta. Dan dari hasil pengujian hipotesis di dapatkan nilai t_hitunglebih besardari pada t_tabel(6,324>2,011), maka Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif kuat dan signifikan gaya kepemimpinan terhadap kinerja guru pada SMK Makarya 1 Jakarta. Dengan koefisien determinasi diperoleh nilai 37,33%. Hal ini menunjukan bahwa kontribusi gaya kepemimpinan terhadap kinerja guru padaSMKMakarya 1Jakarta yakni sebesar 37,33%, sedangkan sisanya (100%-37,33%) = 62,67% kinerja guru SMK Makarya 1 Jakarta dipengaruhi oleh variabel lainnya yang tidak diteliti. Kata kunci : Gaya Kepemimpinan dan Kinerja