Persepsi Siswa Tentang Pelaksanaan Kurikulum 2013 Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan (Studi Korelasi Pada Kelas XI di SMK AL AMANAH Kota Tangerang Selatan)

Main Author: Novi Auliana,
Format: Lainnya NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Pamulang , 2020
Subjects:
Online Access: http://eprints.unpam.ac.id/8719/1/COVER.pdf
http://eprints.unpam.ac.id/8719/2/BAB%20I.pdf
http://eprints.unpam.ac.id/8719/3/BAB%20II.pdf
http://eprints.unpam.ac.id/8719/4/BAB%20III.pdf
http://eprints.unpam.ac.id/8719/5/BAB%20IV.pdf
http://eprints.unpam.ac.id/8719/6/BAB%20V.pdf
http://eprints.unpam.ac.id/8719/7/Articel%20Jurnal%20Hasil%20Turnitine.pdf
http://eprints.unpam.ac.id/8719/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang positif dan signifikan antara persepsi siswa tentang pelaksanaan kurikulum 2013 terhadap prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan di SMK AL AMANAH Kota Tangerang Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan populasi target nya sebanyak 597 peserta didik, dan populasi terjangkaunya sebanyak 203 peserta didik yaitu kelas XI. Dan pengambilan sampel, penulis mengambil sampel dengan menggunakan rumus Slovin, sehingga didapatkan sampel sebanyak 135 peserta didik. Pada pengujian hipotesis, diperoleh hasil uji signifikansi : hasil uji t yaitu thitung = 8,444 dan ttabel nya yaitu (N-k = 135-42= 93 α =0,05 yaitu 0,1975) maka thitung 8,444 > ttabel 0,1975. Hasil uji koefisien korelasi 0,528 dan pengujian koefisien determinasi memberikan kontribusi 28 %. Dengan demikian dapat dijelaskan bahwa terdapat pengaruh yang positif antara persepsi siswa tentang pelaksanaan kurikulum 2013 terhadap prestasi belajar dalam pembelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan di SMK AL AMANAH Kota Tangerang Selatan. Dari hasil penelitian mengenai persepsi siswa tentang kurikulum 2013 terhadap prestasi belajar peserta didik kelas XI pada mata pelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan di SMK AL AMANAH yang penulis lakukan dapat ditarik kesimpulan Berdasarkan uji koefisien korelasi di dapat nilai 0,528, dengan persamaan y ̂ = 48,58 + 0,3X artinya variabel (y) akan bertambah sebesar 0,3 apabila variabel dinaikkan sebesar x satuan. Dan berdasarkan uji hasil analisis hipotesis di dapat bahwa thitung (8,444) > ttabel (0,1975), maka terbukti bahwa variabel persepsi siswa tentang pelaksanaan kurikulum 2013 mempunyai korelasi yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar mata pelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan di kelas XI di SMK AL AMANAH Kota Tangerang Selatan. Dengan demikian hipotesis penelitian ini membuktikan bahwa persepsi siswa tentang pelaksanaan kurikulum 2013 terhadap prestasi belajar peserta didik kelas XI pada mata pelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan di SMK AL AMANAH Kota Tangerang Selatan Tahun Ajaran 2019/2020 dapat diterima.