Pengaruh Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan (Studi korelasi di MA Daarul Hikmah Kota Tanggerang Selatan)

Main Author: Jumanis Utaminingrum,
Format: Lainnya NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Pamulang , 2020
Subjects:
Online Access: http://eprints.unpam.ac.id/8708/1/COVER.pdf
http://eprints.unpam.ac.id/8708/2/BAB%20I.pdf
http://eprints.unpam.ac.id/8708/3/BAB%20II.pdf
http://eprints.unpam.ac.id/8708/4/BAB%20III.pdf
http://eprints.unpam.ac.id/8708/5/BAB%20V.pdf
http://eprints.unpam.ac.id/8708/6/BAB%20IV.pdf
http://eprints.unpam.ac.id/8708/7/JURNAL.pdf
http://eprints.unpam.ac.id/8708/
Daftar Isi:
  • Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi di era sekarang sangat di butuhkan, apa lagi dalam kondisi Pandemi covid 19 ini yang menuntut siswa dan guru melaksanakan proses kegiatan Belajar Mengajar lewat online,sehingga penguasaan dan pemahaman untuk menggunakan sangatlah penting agar siswa memiliki Hasil belajar yang bagus dan tidak kalah dengan kegiatan pembelajaran yang dilakukan secara tatap muka di kelas.seorang guru harus menjadi tolak ukur keberhasilan siswa dalam memperoleh hasil belajar yang baik . Berdasarkan observasi di MA Daarul Hikmah Kota Tanggerang Selatan,menujukkan bahwa penguasaan Teknologi Informasi dalam proses KBM online masih rendah sehingga Hasil Belajar siswa kurang baik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang positif dan signifikan antara Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi terhadap Hasil Belajar PPKN Siswa di MA Daarul Hikmah Kota Tanggerang Selatan. Metode yang digunakan adalah korelasi dengan Populasi target 74 peserta didik, Dalam pengambilan sampel, penulis mengambil sampel dengan menggunakan rumus slovin, dari enam kelas populasi target sehingga didapatkan Sampel sebanyak 74. Kesimpulan dalam penelitian ini diperoleh dari pengujian hipotesa diperoleh hasil Uji signifikansi Fhitung > Ftabel, yaitu : Fhitung = 521,7 > Ftabel = 3,980. Sehingga regresi Pengaruh Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi terhadap Hasil Belajar Siswa signifikan.pengujian tingkat keberhasilan Pengaruh Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi terhadap Hasil Belajar Siswa, didapat thitung > ttabel (N-k = 74-12=62 α =0,05 yaitu 1,998 yang berarti thitung = 66,952 > ttabel = 1,998 Dengan demikian maka H0 ditolak dan H1 diterima.Dari perhitungan koefisien korelasi diperoleh a = -3,25. dan b = 1,39.Dengan mensubstitusikan harga a dan b ke dalam persamaan regresi, maka diperoleh persamaa regresi linier sederhana . Hasil perhitungan terhadap kekuatan pengaruh pembelajaran berbasis teknologi informasi terhadap hasil belajar siswa ditunjukan oleh koefisien korelasi sebesar r = 0,939. Saran yang dapat penulis berikan kepada sekolah MA Daarul Hikmah terutama Guru yang melaksanakan kegiatan KBM harus mampu menguasai teknologi informasi dengan baik sehingga mampu memberikan variasi materi yang nantinya siswa menjadi tertarik dalam mengikuti pembelajaran. Para Siswa harus menggunakan teknologi informasi secara positif agar menjadikan siswa kreatif dan inovatif.