Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyebab terjadinya perilaku bullying pada siswa kelas 11 SMA Nusantara Plus , Untuk mengetahui peran guru dalam mencegah perilaku bullying di SMA Nusantara Plus Untuk mengetahui langkah-langkah yang dilakukan oleh guru dalam mengatasi prilaku bullying pada siswa. Subjek dalam penelitian ini ialah seorang guru dan siswa kelas 11 SMA Nusantara Plus.Data dikumpulkan melalui wawancara dan observasi.Peneliti menggunakan analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: Pertama penyebab terjadinya prerilaku bullying karena lingkungan siswa memberi penggaruh terhadap siswa dalam melakukan prilaku bullying ketika dikelas maupun disekolah. Kedua peran guru bimbingan dan konseling dalam mencegah perilaku bullying dilakukan dengan cara, memberikan bimbingan klasikal, layanan informasi melalui papan bimbingan dan leaflet, konseling individu dan kelompok, tindakan preventif, represif dan kuratif. Ketiga langkah-langkah yang dilakukan guru untuk mengatasi perilaku bullying yaitu mengidentifikasi masalah, memberikan layanan BK, memberikan hukuman kedisiplinan, dan melakukan pengawasan terhadap prilaku bullying.