Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah: untuk mengetahui kualitas pelayanan Pada PT. Pegadaian (Persero) CabangS yariah PondokAren, untuk mengetahui kepuasan nasabah Pada PT. Pegadaian (Persero) Cabang Syariah Pondok Aren,. Serta untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah Pada PT. Pegadaian (Persero) Cabang Syariah Pondok Aren. Penelitian ini bersifat Asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 responden. Tehnik pengumpulan data dengan cara kuesioner, dan tehnik analisis data dengan uji validitas, reliabilitas, analisis regresi linier sederhana, koefisien korelasi, koefisien determinasi, dan ujit hitung. Hasil penelitian sebagai berikut: Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan kualitas pelayanant erhadap kepuasan nasabah padaPT. Pegadaian (Persero) Cabang Syariah Pondok Aren.Hal ini dapat dibuktikan darikarakteristik responden dari hasil pengumpulan data baik primer ataupun sekunder dengan penyebaran 100 angket yaitu terdiri dari perempuan 76% dan laki – laki 24%, usia responden 20-30 tahun sebanyak 23%, 31-40 tahun sebanyak 25%, 41-50 sebanayak 36% dan > 51 tahun sebanyak 16%, lama menjadi nasabah < 1 tahun 39%, 2-3 tahun 41%, 4-5 tahun 13% dan > 6 tahun 5%. Dari uji validitas untuk kualitas pelayanan keseluruhan nilai r hitung lebih besar dari r tabel (0,1966) dan untuk kepuasan nasabah nilai r hitung lebih besar dari r tabel (0,1966) jadi semua item dalam indikator adalah valid. Uji realibiltas variabel kualitas pelayanan dan kepuasan nasabah memiliki nilai Cronbach Alpha ≥ 0,60 yaitu variabel (X) 0,850 dan varibel (Y) 0.836 jadi hasilnya reliabel. Uji analisis deskriptif untuk kualitas pelayanan menghasilkan akumulasi rata-rata skor sebesar 3.96 dan kepuasan pelanggan menghasilkan akumulasi skor 3,97 jadi kualitas pelayanan dan kepuasan nasabah pada PT. Pegadaian Cabang Syariah Pondok Aren adalah baik nilai ini mengacu pada skala interval 3,40 - 4,19, persamaan regresi linier sederhana yaitu Y=24,087+0,393X, nilai koefisien korelasi sebesar 0,402, kontribusi kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah sebesar 16,1% dan nilai thitung > 4,341 > ttabel 1,984. Kata kunci: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Nasabah