Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen pada PT. Pos Indonesia Cabang Tangerang Selatan
Main Author: | Ahmad Fauzi, . |
---|---|
Format: | Lainnya NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Universitas Pamulang
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unpam.ac.id/8141/1/COVER.pdf http://eprints.unpam.ac.id/8141/2/BAB%20I.pdf http://eprints.unpam.ac.id/8141/3/BAB%20II.pdf http://eprints.unpam.ac.id/8141/4/BAB%20III.pdf http://eprints.unpam.ac.id/8141/5/BAB%20IV.pdf http://eprints.unpam.ac.id/8141/6/BAB%20V.pdf http://eprints.unpam.ac.id/8141/7/JURNAL.pdf http://eprints.unpam.ac.id/8141/ |
Daftar Isi:
- Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kualitas pelayanan, harga dan kepuasan konsumen pada PT. Pos Indonesia. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan secara parsial terhadap kepuasan konsumen pada PT. Pos Indonesia cabang Tangerang Selatan. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh harga secara parsial terhadap kepuasan konsumen pada PT. Pos Indonesia cabang Tangerang Selatan. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh antara kualitas pelayanan dan harga secara simultan terhadap kepuasan konsumen pada PT. Pos Indonesia cabang Tangerang Selatan. Metode penelitian ini dilakukan dengan metode asosiatif kuantitatif. Peneitian ini menggunakan metode pengumpulan data studi kepustakaan dan studi lapangan seperti observasi dan kuesioner pernyataan responden sebanyak 100 konsumen, metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji mutikolinieritas, uji heteroskedastisitas, uji korelasi product moment, uji regresi berganda, koefisien determinasi, uji hipotesis t (parsial), dan uji hipotesis f (simultan). Kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan konsumen pada PT. Pos Indonesia cabang Tangerang Selatan mempunyai hubungan yang kuat. Hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan koefisien korelasi sebesar 0,709 dengan tingkat hubungan yang kuat, sehingga dapat dikatakan bahwa kualitas pelayanan dan harga berhubungan kuat terhadap kepuasan konsumen. Adapun persamaan dari regresi berganda yang diperoleh yaitu Y = 4,849 + 0,631X1 + 0,149X2. Perhitungan koefisien determinasi (R2) mendapat hasil 0,503 hal ini menunjukkan bahwa besarnya pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan konsumen adalah 50,3% atau 50% (dibulatkan) sedangkan 50% dipengaruhi oleh faktor lain. Berdasarkan hasil perhitungan uji-t nilai signifikansi pada kualitas pelayanan sebesar 0,00 < 0,05 dan t hitung (6,292) > t tabel (1,988), dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh variabel kualitas pelayanan secara parsial terhadap kepuasan konsumen. Nilai signifikansi pada harga sebesar 0,014 < 0,05 dan t hitung (1,995) > t tabel (1,988), dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh variabel harga secara parsial terhadap kepuasan konsumen. Sedangkan hasil perhitungan uji F nilai signifikansi dalam model regresi pada penelit ian ini sebesar 0,000 < 0,05 dan F hitung (49,056) > F tabel (3,09), dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh variabel X1 dan X2 secara simultan terhadap variabel Y. Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Harga dan Kepuasan Konsumen.