Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan, pengaruh promosi terhadap kepuasan pelanggan, dan seberapa besar kualitas pelayanan dan promosi berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan secara simultan pada PT. Petrotekno. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas data, uji multikolenieritas, uji heteroskedastisitas, analisis korelasi product moment, uji regresi berganda, koefisien determinasi, Uji t dan Uji F. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah semua Pelanggan yang berkunjung di PT. Petrotekno yang Berjumlah 8.640 selama tahun 2017, dengan rumus slovin didapat sampel sebanyak 100 responden. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan pada PT. Petrotekno dengan nilai koefisien sebesar 0,627 artinya jika variabel kualitas pelayanan meningkat satu-satuan dengan asumsi bahwa variabel promosi tetap, maka kepuasan pelanggan akan meningkat sebesar 0,627, serta dengan nilai t hitung > t tabel atau 5,312 > 1,985 maka hipotesis yang penulis ajukan dapat diterima, artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan dengan nilai koefisien 0,238 artinya jika variabel promosi meningkat satu- satuan dengan asumsi bahwa variabel kualitas pelayanan tetap, maka kepuasan pelanggan akan meningkat sebesar 0,440, serta dengan nilai t hitung > t tabel 7,223 > 1,985 maka hipotesis yang penulis ajukan dapat diterima, artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Kualitas pelayanan dan promosi secara bersama-sama berpengaruh pada kepuasan pelanggan pada PT. Petrotekno, dengan persamaan Y=13,902+0,238 +0,440 +e artinya setiap ada peningkatan variabel X akan berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan. Kemudian nilai F hitung> F tabel yaitu 31,387 > 2,700 artinya Ho ditolak dan Ha diterima maka hipotesis yang penulis ajukan dapat diterima, serta koefisien 39,3% sedangkan sisanya 60,7% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak di teliti. Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Promosi, Kepuasan Pelanggan.