Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui layak atau tidak UKM Mamah Bolu Tape Benteng, Pengumpulan data dilakukan selama 12 bulan, sejak bulan Januari 2016 sampai Desember 2016, Data yang diperoleh adalah data primer dan sekunder. Data primer yang diperoleh dari hasil wawancara dari pemilik Usaha, dan data sekunder yang diperoleh melalui literatur yang terkait dengan usaha UKM Mamah Bolu Tape benteng, Metode untuk melakukan Analisis Kelayakan Usaha dalam aspek pemasaran dan finansial yang di perlu diperhatkan adalah STP (Segmentation, Targeting, positioning), Payback Period, Net Present Value, Profitability Index, Net Benefit/Cost Ratio, Break Even Points. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat disimpulkan dari aspek finansial dan pemasaran usaha ini layak untuk dijalankan. Hal ini dapat dilihat dari Payback Period (PP) 4 tahun 5,10 bulan < 5 tahun atau PP < waktu pengembalian modal yang dijanjikan, nilai Net Present Value (NPV) Rp. 6.321.902 > 0, nilai Profitability Index (PI) sebesar 1,03> 0, nilai Net B/C Ratio sebesar 200,24 > 1 dan Perhitungan BEP pada tahun kedua dan selanjutnya sampai tahun ke 5 nilai BEP memiliki nilai lebih dari 100%, Nilai BEP>100% Maka dinyatakan Layak. Kata Kunci: Studi Kelayakan Usaha, Aspek pemasaran, Aspek Finansial