Daftar Isi:
  • PT. Almanda adalah salah satu perusahaan riteal umum yang terdiri dari banyak outlet di Jakarta dan Tangerang, salah satunya di outlet Mall Kota Kasablangka yang menjadi objek penelitian. Permasalahan yang muncul adalah turunnya penjualan baju dari bulan Agustus-Januari 2018. Metode yang akan digunakan di dalam penelitian ini adalah SWOT untuk menganalisi faktor internal (IFE) menghasilkan kekuatan utama gedung milik sendiri dengan sekor 0.42 sedangkan untuk kelemahan utama tidak bisa ditukar dengan sekor 0.16 pengabungan kedua faktor internal menghasilkan total rata-rata 2.69. dan analisis faktor ekstenal (EFE) menghasilkan peluang utama faktor penelitian dan pengembangan dengan sekor 0.56. sedangkan ancaman utama tingkat pesaingan dengan sekor 0.28 pengabungan kedua faktor eksternal menghasilkan total rata-rata sekor 2.83. Analisis matrik IE menetapkan PT Almanda berada dalam kuadrat V yang disebut strategi pertahanan dan hasil dari pengolahan Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM) menghasilkan prioritas utama yaitu menetapkan strategi harga pasar untuk menghadap pesaingan dengan sekor TAS 7.05. Kata Kunci: Kekuatan – Kelemahan – Peluang - Ancaman (SWOT), Matrik IE, Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM)