Analisis Posisi Pasar dan Brand Awareness dengan Metode Competitive Profile Matrix Pada KFC Parung

Main Author: Rino Susanto, .
Format: Lainnya NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Pamulang , 2018
Subjects:
Online Access: http://eprints.unpam.ac.id/7896/1/COVER.pdf
http://eprints.unpam.ac.id/7896/2/LEMBAR%20ISI.pdf
http://eprints.unpam.ac.id/7896/3/JURNAL%20%20.pdf
http://eprints.unpam.ac.id/7896/
Daftar Isi:
  • Banyaknya masyarakat yang memilih makanan cepat saji dalam memenuhi kebutuhan pangannya merupakan peluang yang cukup besar pada industri restoran, salah satunya adalah KFC Parung. Dua hal yang penting untuk menjadi perhatian pihak KFC dalam meningkatkan penjualan yaitu Posisi Pasar dan Brand Awareness. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Posisi Pasar dan tingkat Brand Awarenes KFC Parung dengan metode Competitive Profile Matrix. Hasil analisis Competitive Profile Matrix nilai total skor tertinggi yaitu KFC Parung sebesar 3,36 dan McDonald’s Bojongsari memperoleh skor 2,65. Hal ini menunjukan bahwa Posisi Pasar KFC Parung berada pada posisi yang baik sebagai pemimpin pasar restoran fast food yang menjual produk utamanya ayam goreng dan memposisikan dirinya sebagai jagonya ayam. sedangkan berdasarkan tingkat Brand Awareness KFC Parung berada pada tingkat Top Of Mind dimana merek KFC menjadi puncak pikiran konsumen. Saran yang dilakukan sebaiknya KFC Parung merancang produk dan bauran pemasaran, agar dapat menciptakan kesan tertentu seperti kualitas produk, rasa yang enak dan memiliki ciri khas dibanding merek lain, dan harga yang dapat dijangkau oleh seluruh kalangan masyarakat. Langkah promosi yang dilakukan dapat berupa spanduk yang ditempelkan di luar area restoran dan promosi melalui media sosial sehingga dapat menarik lebih banyak konsumen. Kata Kunci: Posisi Pasar,Brand Awarenes, Competitive Profile Matrix