Pengaruh citra merek dan harga terhadap keputusan pembelian pada tokopedia ( studi kasus pada mahasiswa pengguna tokopedia di universitas pamulang program studi Manajemen pemasaran )
Main Author: | Duta Maya Pada, . |
---|---|
Format: | Lainnya NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Universitas Pamulang
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unpam.ac.id/7895/1/COVER.pdf http://eprints.unpam.ac.id/7895/2/BAB%20I.pdf http://eprints.unpam.ac.id/7895/3/BAB%20II.pdf http://eprints.unpam.ac.id/7895/4/BAB%20III.pdf http://eprints.unpam.ac.id/7895/5/BAB%20IV.pdf http://eprints.unpam.ac.id/7895/6/BAB%20V.pdf http://eprints.unpam.ac.id/7895/7/JURNAL.pdf http://eprints.unpam.ac.id/7895/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Duta Maya Pada, 2015051382, Pengaruh Citra Merek Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Tokopedia (Studi Kasus Pada Mahasiswa Pengguna Tokopedia Di Universitas Pamulang Program Studi Manajemen Pemasaran) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra merek terhadap keputusan pembelian pada tokopedia, untuk mengetahui pengaruh harga terhadap keputusan pembelian pada tokopedia dan untuk mengetahui pengaruh citra merek dan harga barang terhadap keputusan pembelian pada Tokopedia secara simultan. Adapun tempat yang diambil untuk penelitian ini di Universitas Pamulang dan waktu penelitian ini dilakukan selama 4 bulan dari bulan Oktober 2018 sampai dengan Januari 2019. Sifat penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, sedangkan untuk mendapatkan data dilakukan dengan menyebar kuesioner pada 96 responden yang kemudian dianalisis pengaruh secara parsial dan simultan dengan menggunakan analisis regresi, koefisien determinasi serta pengujian hipotesis dengan uji t dan uji F. Citra merek memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dimana diperoleh nilai thitung > ttabel (2,822 > 1,986) dan sig < 0,05 (0,006 < 0,05) Varilabel citra merek berpengaruh positif secara parsial terhadap keputusan pembelian. Harga memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dimana diperoleh nilai thitung > ttabel (7,548 > 1,986) dani sig < 0,05 (0,000 < 0,05). Variabel harga (x2) berpengaruh positif secara parsial terhadap keputusan pembelian. Citra merek dan harga memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian secara simultan dimana diperolei nilai fhitung> ftabel yaitu 66,319 > 3,09 dan nilai sig < 0,05 atau 0,000 < 0,05 artinya terdapat peengaruh yang positif dan signifikan antara citra merek dan harga terhadap keputusan peembelian. Persamaan Regresi Linear Berganda Y = 7,843 + 0,238X1 + 0,624X2 + e, berarti nilai konstanta 7,843, nilai koefisien X1 adalah 0,238 dan nilai koefisien X2 adalah 0,624. Berdasarkan hasil perhitungan nilai koefisien korelasi yang didapat yaitu 0,805 dimana Citra Merek (X1) dan Harga (X2) memiliki hubungan yang “Sangat Kuat” terhadap Keputusan Pembelian (Y) karena 0,805 berada diantara 0,80 – 1,00. Berdasarkan hasil perhitungan diketahui bahwa koefisien determinasi (R2) yang diperoleh sebesar 0,648. Hal ini berarti 64,8% Keputusan Pembelian dapat dijelaskan oleh variabel Citra Merek (X1) dan Harga (X2), sedangkan 35,2% Keputusan Pembelian dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yang tidak diteliti misalnya promosi, kualitas pelayanan dan lain-lain. Kata Kunci : Citra Merek, Harga, Keputusan Pembelian