Pengaruh penetapan harga terhadap loyalitas konsumen pada pasar tradisional Babakan. (Skripsi Manajemen 2015)
Main Author: | Yohana Gunawan, . |
---|---|
Format: | Lainnya NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Pamulang
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unpam.ac.id/783/1/Skripsi%20Manajemen%20S1.%20COVER.pdf http://eprints.unpam.ac.id/783/2/JURNAL.pdf http://eprints.unpam.ac.id/783/3/Skripsi%20Manajemen%20S1.%20BAB%20I.pdf http://eprints.unpam.ac.id/783/4/Skripsi%20Manajemen%20S1.%20BAB%20II.pdf http://eprints.unpam.ac.id/783/5/Skripsi%20Manajemen%20S1.%20BAB%20III.pdf http://eprints.unpam.ac.id/783/6/Skripsi%20Manajemen%20S1.%20BAB%20IV.pdf http://eprints.unpam.ac.id/783/7/Skripsi%20Manajemen%20S1.%20BAB%20V.pdf http://eprints.unpam.ac.id/783/ |
Daftar Isi:
- Perilaku konsumen berupa loyalitas pada dasarnya tidak terlepas dari produk dan harga yang ditawarkan oleh perusahaan.Penelitian ini dibatasi hanya pada penetapan harga dengan loyalitas konsumen pada Pasar Babakan. Indikator penetapan harga adalah keterjangkauan harga, kesesuaian harga dengan kualitas produk,daya saing harga,kesesuaian harga dengan manfaat, sedangkan loyalitas konsumen indikatornya adalah , merasa aman,percaya diri, setia. Penelitian ini dilakukan dari bulan Junisampai dengan bulan Agustus 2015. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui harga yang di berikan pasar babakan, mengetahui tingkat loyalitas konsumen yang ada di pasar babakan, dan mengetahui seberapa besar pengaruh penetapan harga yterhadap loyalitas konsumen di pasar tradisional babakan. Penelitian yang di lakukan dengan menggunakan metode penentuan sampel yaitu populasi penelitian dan sampel penelitian, metode pengumpulan data dengan data primer, data sekunder, serta teknik pengumpulan data laiinya seperti kepustakaan, lapangan, aancara, angket dan observasi, adapun penelitian ini menggunakan metode analisis data di antaranya uji validitas, uji reliabilitas, uji koefisien korelasi, uji regresi sederhana, uji koefisien determinasi, dan uji hipotesis. Hasil dari penelitian ini terdiri dari :Penetapan Harga yang diberikan Pasar Babakan kepada konsumennya adalah sangat baik, hal ini dibuktikan dengan r hitung lebih besar dari r tabel product moment yaitu 0,480 > 0176. Loyalitas Konsumen menggunakan Pasar Babakan dibuktikan dengan r hitung lebih besar dari r tabel product moment yaitu 0,235 > 0,176. Koefisien Korelasi sebesar 0,783 memberi arti bahwa penetapan harga memiliki hubungan positif terhadap loyalitas konsumen menunjukan kategori kuat (0,60 – 0,799). Koefisien Determinasi sebesar 61,3 % artinya penetapan harga berpengaruh terhadap loyalitas konsumen sebesar 61,3% sedangkan sisanya di pengaruhi oleh faktor lain.Regresi yang digunakan untuk menguji hubungan antara penetapan harga dengan loyalitas konsumen akan bertambah 1 (satuan) sebesar 13,236, dengan persamaan regresi yaitu Y = 12,499 + 0,737 Hasil Uji Hipotesis penelitian ini menunjukan nilai t hitung lebih besar dari nilai t tabel yaitu 15,77 > 1,663 bahwa Ho di tolak dan HI diterima, artinya penetapan harga (X) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap tingkat loyalitas konsumen (Y). Kata kunci : Penetapan Harga, Loyalitas Konsumen.