Pengaruh Capital Adequacy Ratio (CAR) dan Biaya Operasional pada Pendapatan Operasional (BOPO) terhadap Profitabilitas (ROA) pada PT. Bank BTN, Tbk Tahun 2008-2015

Main Author: Dwi Arnasari, .
Format: Lainnya NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Pamulang , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.unpam.ac.id/7782/1/COVER.pdf
http://eprints.unpam.ac.id/7782/2/BAB%20I.pdf
http://eprints.unpam.ac.id/7782/3/BAB%20II.pdf
http://eprints.unpam.ac.id/7782/4/BAB%20III.pdf
http://eprints.unpam.ac.id/7782/5/BAB%20IV.pdf
http://eprints.unpam.ac.id/7782/6/BAB%20V.pdf
http://eprints.unpam.ac.id/7782/7/JURNAL.pdf
http://eprints.unpam.ac.id/7782/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Capital Adequacy Ratio (CAR) dan Biaya Operasional pada Pendapatan Operasional (BOPO) memiliki pengaruh terhadap Profitabilitas (ROA) pada PT. Bank BTN, Tbk baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini berdasarkan data sekunder yang diperoleh dari website Bank BTN (www.btn.co.id). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis linier berganda, metode ini digunakan untuk menguji pengaruh dua atau lebih variabel independen terhadap variabel dependen. Dalam penelitian ini variabel Capital Adequacy Ratio (CAR) sebagai X1, Biaya Operasional pada Pendapatan Operasional (BOPO) sebagai X2 yang merupakan variabel independen dan Profitabilitas (ROA) sebagai Y yang merupakan variabel dependen. Berdasarkan hasil penelitian analisis regresi linier berganda, didapat persamaan Y = 9,003 + 0,018X1 – 0,090X2 + . Nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,743 atau sebesar 74,3%. Dari hasil uji parsial (uji t), maka diperoleh hasil sebagai berikut: Capital Adequacy Ratio (CAR) tidak berpengaruh signifikan terhadap ROA berdasarkan hasil thitung (0,523) < ttabel (2,015) dengan taraf signifikansi 0,623 > 0,05, maka H0 diterima dan Ha ditolak. Variabel penelitian Biaya Operasional pada Pendapatan Operasional (BOPO) berpengaruh negatif signifikan terhadap ROA berdasarkan hasil thitung (-3,773) > ttabel (2,015) dengan taraf signifikansi 0,013 < 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil uji simultan (uji F) diperoleh hasil Fhitung (7,209) > Ftabel (5,79) dengan taraf signifikansi 0,034 < 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel Capital Adequacy Ratio (CAR) dan Biaya Operasional pada Pendapatan Operasional (BOPO) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Return On Asset (ROA). Kata Kunci: Capital Adequacy Ratio (CAR), Biaya Operasional pada Pendapatan Operasional (BOPO) dan Profitabilitas (ROA)