Analisis Pengaruh Motivasi Konsumen, Persepsi Kualitas, dan Sikap Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Produk Beras Organik Bionicfarm (Studi Pada Konsumen Beras Organik Merek Bionicfarm yang diproduksi oleh PT. Bionic Natura)

Main Author: Bayu Bonggo Pribadi, .
Format: Lainnya NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Pamulang , 2016
Subjects:
Online Access: http://eprints.unpam.ac.id/7745/1/COVER.pdf
http://eprints.unpam.ac.id/7745/2/BAB%20I.pdf
http://eprints.unpam.ac.id/7745/3/BAB%20II.pdf
http://eprints.unpam.ac.id/7745/4/BAB%20III.pdf
http://eprints.unpam.ac.id/7745/5/BAB%20IV.pdf
http://eprints.unpam.ac.id/7745/6/BAB%20V.pdf
http://eprints.unpam.ac.id/7745/7/JURNAL.pdf
http://eprints.unpam.ac.id/7745/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi adanya penurunan penjualan Beras Organik Bionicfarm dalam kurun waktu 2015. Penurunan penjualan ini menunjukan adanya penurunan keputusan pembelian konsumen pada produk Beras organic BionicFarm sehingga dapat dirumuskan dalam penelitian ini bahwa bagaimana konsumen mengambil keputusan pembelian produk Beras Organik di tengah fenomena persaingan yang semakin ketat yang berdasarkan pada motivasi konsumen, persepsi kualitas,dan sikap konsumen. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh motivasi konsumen, persepsi kualitas, dan sikap konsumen, terhadap keputusan pembelian Beras Organik BionicFarm. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif dangan model regresi berganda. Data dikumpulkan dengan teknik kuesioner dan wawancara. Populasi responden dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen beras organic BionicFarm yang tersebar di seluruh Indonesia, dan diambil sampel sebanyak 100 orang yang memenuhi satu dari lima kriteria; pemrakarsa (initiator), pemberi pengaruh (influencer), pengambilan keputusan (decider), pembeli (buyer), pemakai (user) produk-produk Beras Organik Bionicfarm. Delapan hipotesis diformulasikan dan diuji menggunakan Analisis Regresi. Sementara analisis kualitatif diambil dari interpretasi data dengan memberikan keterangan dan penjelasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi konsumen, persepsi kualitas, dan sikap konsumen mempunyai hubungan signifikan dengan keputusan pembelian. nilai koefisien regresi dari motivasi konsumen dengan menggunakan Standardized Beta Coefficient adalah 0,403, lalu persepsi kualitas sebesar 0,228, dan sikap konsumen sebesar 0,283. Motivasi konsumen juga berpengaruh lebih tinggi terhadap keputusan pembelian daripada persepsi kualitas dan sikap konsumen. Variasi keputusan pembelian yang dijelaskan oleh variabel motivasi konsumen, persepsi kualitas, dan sikap konsumen sebesar 61,4% sedangkan sisanya 38,6% dijelaskan oleh variabel-variabel atau aspek-aspek lain diluar model. Kata Kunci : Keputusan Pembelian, Motivasi Konsumen, Persepsi Kualitas, Sikap Konsumen.