Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana bauran pemasaran pada Nauli Laundry, untuk mengetahui bagaimana kualitas pelayanan pada Nauli Laundry, untuk mengetahui bagaimana kepuasan konsumen pada Nauli Laundry, untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran terhadap kepuasaan konsumen pada Nauli Laundry, untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasaan konsumen Nauli Laundry, dan untuk mengetahui pengaruh antara bauran pemasaran dan kualitas pelayanan terhadap kepuasaan konsumen pada Nauli Laundry. Adapun populasi yang digunakan seluruh konsumen Nauli Laundry. Sampel yang digunakan sebanyak 100 responden dengan menggunakan teknik pengumpulan data angket kuesioner. Sifat penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Metode analisa data yang digunakan antara lain uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji koefisien korelasi, persamaan regresi berganda, uji koefisien determinasi, dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian pengaruh antara Bauran Pemasaran dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen dengan menggunakan persamaan regresi berganda adalah Y = 6,078 + 0,229X1 + 0,296X2 + artinya apabila Bauran Pemasaran meningkat satu kesatuan maka Kepuasan Konsumen akan mengalami kenaikan sebesar 0,229. Dan apabila Kualitas Pelayanan meningkat satu kesatuan maka Kepuasan Konsumen akan mengalami kenaikan sebesar 0,296. Koefisien determinasi (R-square) sebesar 0,595 maka dapat disimpulkan bahwa variabel Bauran Pemasaran (X1), Kualitas Pelayanan (X2) secara bersama-sama berpengaruh terhadap variabel Kepuasan Konsumen (Y) sebesar 59.5% sedangkan sisanya 40,5% dipengaruhi oleh faktor lain. Berdasarkan hasil uji t, terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Bauran Pemasaran terhadap Kepuasan Konsumen yang ditunjukan dengan hasil uji thitung = 3,977 sedangkan ttabel = 1,661 (thitung > ttabel) dengan taraf signifikansi 0,000 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara Bauran Pemasaran terhadap Kepuasan Konsumen atau dengan kata lain H0 ditolak dan Ha diterima, dan terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen yang ditunjukan dengan hasil uji thitung = 5,699 sedangkan ttabel = 1,661 (thitung > ttabel) dengan taraf signifikansi 0,000 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen atau dengan kata lain H0 ditolak dan Ha diterima. Hasil uji F menunjukkan Fhitung = 71,224 sedangkan Ftabel = 3,09 (Fhitung > Ftabel) dengan taraf signifikansi 0,000 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara Bauran Pemasaran dan Kualitas Pelayanan secara simultan terhadap Kepuasan Konsumen atau dengan kata lain H0 ditolak dan Ha diterima. Kata Kunci : Bauran Pemasaran, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Konsumen