Daftar Isi:
  • Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui citra merek pada tokopedia.com dan mengetahui keputusan pembelian online pada tokopedia.com serta untuk mengetahui seberapa besar pengaruh citra merek terhadap keputusan pembelian online pada tokopedia.com untuk mahasiswa universitas pmulang jurusan manajemen. Metode penelitian yang digunakan penulis adalah metode deksriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan studi kepustakaan dilanjutkan dengan menyebarkan kuesioner kepada konsumen di kalangan mahasiswa universitas pamulang jurusan manajemen. Penarikan sampel dilakukan dengan menggunakan rumus slovin, jumlah responden sebanyak 100 orang. Metode analisis yang digunakan dalam pengolahan data adalah uji validitas, uji reliabilitas, korelasi product moment, koefisien determinasi, uji regresi linier sederhana, dan uji signifikasi koefisien korelasi (uji t). Berdasarkan hasil penelitian analisis dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara citra merek terhadap keputusan pembelian yaitu koefisien regresi Y= 14,616+0,654X dan setiap kenaikan 1% variabel citra merek akan menyebabkan kenaikan keputusan pembelian sebesar 0,654 dengan nilai korelasi product moment (r) 0,656 angka ini berada pada interval 0,600-0,799 dengan interprestasi “Hubungan Kuat” sedangkan hasil perhitungan koefisien determinasi sebesar r = 43,03% ini menunjukkan bahwa kontribusi variabel (X) citra merek berpengaruh terhadap variabel keputusan pembelian (Y) sebesar 43,03% sedangkan selebihnya yaitu (100%-43,03%) = 56,97%dipengaruhi faktor – faktor lain yang tidak diteliti oleh penulis di dalam penelitian ini. Tingkat signifikannya adalah signifikasi yaitu thitung sebesar 8,601 lebih besar dari ttabel sebesar 1,984 hal ini berada didaerah penolakan H0dan pnerimaan H1.Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan dan positif antara citra merek terhadap keputusan pembelian pada konsumen di kalangan mahasiswa universitas pamulang jurusan manajemen. Kata Kunci : Citra Merek, Keputusan Pembelian.