Daftar Isi:
  • Kopi Indonesia saat ini menduduki peringkat keempat terbesar di dunia dari segi hasil produksi, Saat ini sekitar 92% produksi kopi berada dibawah petani-petani kecil atau koprasi. Besaran presentase ini yang menjadikan banyak pelaku bisnis dan UMKM tertarik untuk menjadikan kopi sebagai produk usahanya, Sehingga semakin ketatnya persaingan bisnis kopi dari tahun ketahun. Salah satu pelaku bisnis di Kota Tangerang Selatan adalah Restoran Gas15 Coffee And Friend di Ciputat, sebagai salah satu restoran yang menyediakan berbagai macam jenis – jenis kopi. Demi meningkatkan penjualan di persaingan yang ketat, maka media dan alat penyampaian yang efektif seperti kegiatan promosi dibutuhkan untuk menjadikan restoran ini semakin dikenal dan diminati oleh konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa seberapa besar pengaruh dari Biaya Promosi Terhadap Penjualan Pada Restoran Gas15 Coffee And Friends. Diharapkan dalam penelitian ini dapat memberikan gambaran dan masukan bagi pihak restoran dalam mengenal faktor yang mempengaruhi penjualan. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan Assosiatif Kuantitatif, sedangkan pengelolaan data kuantitatif menggunakan analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah data penjualan dan biaya promosi dan Sampel dalam penelitian ini adalah data biaya promosi dan penjualan selama 5 tahun terakhir pada tahun 2013 sampai 2017 di Restoran Gas15 Coffee And Friends. Hasil penelitian data diperoleh dari Restoran Gas15 Coffee And Friends laporan biaya promosi dan penjualan. Analisis data yang digunakan dalam pengolahan data adalah analisis regresi linier sederhana, dengan biaya promosi sebagai variabel bebas (X) dan penjualan sebagai variabel terikat (Y), selanjutnya Uji Analisis Korelasi, Koefesien Determinan dan Uji Signifikansi (uji t) dengan bantuan software Statistical Package For Social Sciences (SPSS) 23. Berdasarkan hasil perhitungan koefisien korelasi (r) sebesar 0,992 hal ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh antara biaya promosi terhadap penjualan dan besarnya kontribusi biaya promosi terhadap penjualan atau nilai determinasi (R) yaitu sebesar 98 % menunjukkan pengaruh sangat kuat, selebihnya 2% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Sedangkan uji signifikansi (uji t) diperoleh > , dimana 14,037 > 2,353 maka ditolak dan diterima. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara biaya promosi terhadap penjualan di Restoran Gas15 Coffee And Friends. Kata Kunci : Biaya Promosi, dan Penjualan