Analisis Manajemen Bantuan Operasional Sekolah (Bos), Sarana Prasarana Dan Budaya Sekolah Terhadap Peningkatan Mutu Peserta Didik Di Sma Swasta Kota Tangerang Selatan

Main Author: Bayu Ahmad, .
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://eprints.unpam.ac.id/7375/1/COVER.pdf
http://eprints.unpam.ac.id/7375/2/BAB%20I.pdf
http://eprints.unpam.ac.id/7375/3/BAB%20II.pdf
http://eprints.unpam.ac.id/7375/4/BAB%20III.pdf
http://eprints.unpam.ac.id/7375/5/BAB%20IV.pdf
http://eprints.unpam.ac.id/7375/6/BAB%20V.pdf
http://eprints.unpam.ac.id/7375/7/JURNAL.pdf
http://eprints.unpam.ac.id/7375/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh parsial manajemen BOS terhadap peningkatan mutu peserta didik; (2) Pengaruh parsial sarana prasarana terhadap peningkatan mutu peserta didik; (3) Pengaruh parsial budaya sekolah terhadap peningkatan mutu peserta didik; dan (4) Pengaruh simultan manajemen BOS, sarana prasarana dan budaya sekolah terhadap peningkatan mutu peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif adapun teknik pengambilan sempel yang digunakan adalah Proportionate Stratifled random sampling dengan sampel sebanyak 94 responden dari 4 (empat) SMA Swasta di 4 (empat) Kecamatan yang ada di kota tangerang Selatan. Adapun alat analis menggunakan Analis Regresi berganda, Uji T dan Uji F dengan menggunakan software IBM SPSS 22. Hasil penelitian menemukan bahwa: (1) Secara parsial manajemen BOS memberikan pengaruh yang signifikan terhadap variabel peningkatan mutu peserta didik dengan nilai thitung sebesar 2,965> ttabel (1,960) serta nilai taraf signifikansi sebesar 0,004; (2) Secara parsial sarana prasarana memberikan pengaruh yang signifikan terhadap variabel peningkatan mutu peserta didik dengan nilai thitung sebesar 4,034> ttabel (1,960) serta nilai taraf signifikansi sebesar 0,000; (3) Secara parsial budaya sekolah memberikan pengaruh yang signifikan terhadap variabel peningkatan mutu peserta didik dengan nilai thitung sebesar 3,117> ttabel (1,960) serta nilai taraf signifikansi sebesar 0,002 ; (4) Secara simultan terdapat pengaruh yang signifikan antara manajemen BOS, sarana prasarana dan budaya sekolah terhadap peningkatan mutu peserta didik, dengan konstribusi koefisien determinasi R2 = (0,823)2 = 0,677 = 67,7% dan persamaan regresi ganda Y = 7,350+0,199X1+0.378X2+0.208X3. Kata Kunci : Manajemen BOS, Sarana Prasarana, Budaya Sekolah, Peningkatan