Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh secara parsial maupun simultan antara Kompetensi, Disiplin Kerja Dan Motivasi Terhadap Kinerja Guru Pada SMK Sasmita Jaya 1 Pamulang Kota Tangerang Selatan. Metode dalam penelitian ini berjenis asosiatif dengan pendekatan deskriptif dan kuantatif. Adapun populasi dan sampel dalam penelitian ini sebanyak 108 responden dan menggunakan teknik sampling sensus untuk menentukan jumlah sampel. Adapun alat analisis menggunakan analisis regresi linear berganda dengan bantuan Software SPSS 24. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, Pengaruh kompetensi (X1) terhadap kinerja (Y) dengan nilai t hitung 7,778 > t tabel 1,983 dan nilai ¬sig 0,000 < 0,05 hal ini dapat disimpulkan bahwa Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kompetensi terhadap kinerja guru. Pengaruh disiplin kerja (X2) terhadap kinerja (Y) dengan nilai t hitung 9,799 > t tabel 1,983 dan nilai ¬sig 0,000 < 0,05 hal ini dapat disimpulkan bahwa Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara disiplin kerja terhadap kinerja guru. Pengaruh motivasi (X3) terhadap kinerja (Y) dengan nilai t hitung 8,779 > t tabel 1,983 dan nilai ¬sig 0,000 < 0,05 hal ini dapat disimpulkan bahwa Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara motivasi terhadap kinerja guru. Pengujian hipotesis secara simultan antara Kompetensi (X1), Disiplin Kerja (X2) dan Motivasi (X3) Terhadap Kinerja (Y) menunjukan nilai F hitung sebesar 39,878 > 2,69 dengan nilai probabilitas nilai Sig 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa Terdapat pengaruh secara simultan antara kompetensi, disiplin kerja dan motivasi terhadap kinerja guru SMK Sasmita Jaya 1 Pamulang di Tangerang Selatan. Persamaan regresi linear berganda antara kompetensi, disiplin kerja dan motivasi terhadap kinerja yaitu Y = 5,760 + 0,220 + 0,210 + 0,276 di artikan bahwa, kompetensi, disiplin kerja dan motivasi memiliki arah hubungan positif terhadap kinerja guru Sasmita Jaya 1. Tingkat pengaruh antara variabel kompetensi, disiplin kerja dan motivasi terhadap kinerja sebesar 0,731 dan masuk kedalam interval antara 0,600-0,799 dengan tingkat pengaruh kuat, artinya kompetensi, disiplin kerja dan motivasi memiliki tingkat pengaruh yang kuat terhadap kinerja. Dan kontribusi variabel kompetensi, disiplin kerja dan motivasi terhadap kinerja sebesar 53,5% dan sisanya 46,5% dipengaruhi faktor lain diluar model variabel penelitian seperti kompensasi, pelatihan, lingkungan kerja dan lain-lain. Dari ketiga variabel bebas (kompetensi, disiplin kerja dan motivasi), variabel disiplin kerja memiliki kontribusi terbesar terhadap kinerja sebesar 47,5% dan kontribusi terendah diberikan variabel kompetensi sebesar 36,3% Kata Kunci : Kompetensi, Disiplin Kerja, Motivasi dan Kinerja