Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan siswa pada Bimbingan dan Kelompok Belajar Nurul Fikri Maharaja Depok. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif yaitu penelitian tentang data yang dikumpulkan dan dinyatakan dalam bentuk angka-angka serta didukung data kualitatif seperti yang tersusun dalam kalimat kuesioner. Dalam pelaksanaannya pengumpulan data yang dilakukan diantaranya observasi, wawancara, dokumentasi dan penyebaran kuesioner. Banyaknya responden dalam penelitian ini adalah 89 siswa dengan 10 butir pernyataan mengenai kualitas pelayanan dan 8 butir pernyataan mengenai kepuasan siswa. Berdasarkan data yang diperoleh dan diolah maka hasil dari penelitian ini adalah, perhitungan koefisien korelasi didapatkan nilai r-tabel sebesar 0,511 berarti terdapat hubungan yang cukup/sedang. berdasarkan perhitungan regresi linier sederhana didapat hasil = 1756 + 0,381 X. Dari perhitungan terlihat bahwa koefisien b bernilai positif, artinya kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan siswa. Dan berdasarka perhitungan koefisien determinasi diperoleh hasil sebesar 26,1% artinya kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan siswa sebesar 26,1% dan sisanya 73,9% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti oleh penulis. Dari hasil uji hipotesis membuktikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan siswa, hal ini bisa dilihat dari t-hitung = 5,548 yang lebih besar dari t-tabel yaitu = 1,988 (5,548 > 1,988). Kata kunci : Kualitas pelayanan, Kepuasan siswa