Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui disiplin guru pada SMK Triguna Utama, Untuk mengetahui motivasi guru pada SMK Triguna Utama, Untuk mengetahui kinerja guru pada SMK Triguna Utama, Untuk mengetahui pengaruh disiplin dan motivasi terhadap kinerja guru pada SMK Triguna Utama baik secara parsial maupun simultan. Metode penelitian yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif deskriptif dan asosiatif dan pengumpulan data dengan teknik kuesioner. Penelitian ini menggunakan sampel jenuh dengan responden sebanyak 38. Metode analisis data dengan uji validitas, uji reliabilitas, persamaan regresi linier berganda, kolerasi berganda, koefisien determinasi, dan uji signifikansi. Hasil penelitian menunjukkan korelasi berganda = 0,786 artinya disiplin dan motivasi memiliki tingkat hubungan kuat terhadap kinerja. Dalam persamaan regresi linier berganda di dapat Y= 32,199 + 0,040X1 + 0,468X2 yang artinya apabila variabel X1 dinaikan 1 satuan, maka variabel Y naik sebesar 0,040 satuan pada konstanta 32,199, dan apabila variabel X2 dinaikan 1 satuan, maka variabel Y naik sebesar 0,468 satuan pada konstanta 32,199. Nilai Koefisien determinasi sebesar 61,8% menunjukkan bahwa besarnya kontribusi dari variabel bebas (disiplin dan motivasi) dalam upaya meningkatkan kinerja guru, sedangkan sisanya 38,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Setelah dilakukan uji hipotesis, secara simultan terdapat pengaruh yang signifikan antara disiplin dan motivasi terhadap kinerja guru pada SMK Triguna Utama, hal ini terlihat dari Fhitung > Ftabel atau 28.296 > 3,270. Kata Kunci : Disiplin, Motivasi dan Kinerja