Daftar Isi:
  • Peramalan (Forecasting) adalah metode untuk memperkirakan suatu nilai dimasa depan dengan menggunakan data masa lalu. PT. GREEN FRESH dan PT. JAKARTA SENTRA AROMA merupakan toko retail yang menjual berbagai produk pangan di kota jakarta. Seiring dengan waktu perkembangan dunia teknologi yang semakin maju, dengan ditemukannya komputer maka pekerjaan manusia dirasa semakin mudah. Komputer dimasa sekarang ini sering disebut sebagai mitra kerja, sehingga sudah tidak asing lagi dengan adanya komputer. Pada penelitian ini, penulis membahas mengenai analisis peramalan penjualan pada PT. GREEN FRESH dan PT. JAKARTA SENTRA AROMA. Peramalan yang dilakukan mengggunakan dua model metode yaitu “Moving Average” dan “Exponential Smoothing” dengan membandingkan tingkat kesalahan (error) terkecil. Dengan memakai dua jenis metode tersebut perusahaan dapat melihat hasil terbaik dan peramalan mana yang paling cocok untuk penjualan pada PT. GREEN FRESH dan PT. JAKARTA SENTRA AROMA. Kata kunci : Peramalan Penjualan, Produk Pangan, Metode Moving Average, Metode Exponential Smoothing.