Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien pada rumah sakit Mulya tangerang
Main Author: | Nina Khairunnisa, . |
---|---|
Format: | Lainnya NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Universitas Pamulang
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unpam.ac.id/6069/1/COVER.pdf http://eprints.unpam.ac.id/6069/2/BAB%20I.pdf http://eprints.unpam.ac.id/6069/3/BAB%20II.pdf http://eprints.unpam.ac.id/6069/4/BAB%20III.pdf http://eprints.unpam.ac.id/6069/5/BAB%20IV.pdf http://eprints.unpam.ac.id/6069/6/BAB%20V.pdf http://eprints.unpam.ac.id/6069/7/JURNAL.pdf http://eprints.unpam.ac.id/6069/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Nina Khairunnisa, 2013051792, Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien pada Rumah Sakit Mulya Tangerang. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas pelayanan pada Rumah Sakit Mulya Tangerang, untuk mengetahui kepuasan pasien pada Rumah Sakit Mulya Tangerang, dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien pada Rumah Sakit Mulya Tangerang. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 1.500 dan sempel yang digunakan berdasarkan rumus Slovin sebanyak 94 responden. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik Non – Probability Sampling dengan pendekatan Accindental Sampling. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari kualitas pelayanan sebagai variabel bebas dan kepuasan pasien sebagai variabel terikat. Metode pengumpulan data menggunakan angket/ skala Likert. Analisis data menggunakan regresi linier sederhana, analisis uji koefisien product moment, uji koefisien determinasi (KD), uji signifikasi. Berdasarkan hasil analisis, variabel kualitas pelayanan (X) dikategorikan Baik, variabel kepuasan pasien (Y) dikategorikan Baik. Terdapat pengaruh positif antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien dengan nilai regresinya sebesar 0,634. Nilai koefisien korelasi sebesar 0,723 yang artinya kualitas pelayanan memiliki hubungan yang Kuat terhadap kepuasan pasien. Nilai determinasi (Kd) sebesar 0,522 atau 52,2% sedangkan sisanya sebesar 47,8% dipengaruhi oleh faktor lain. Pengujian hipotesis menggunakan uji statistik t hitung diperoleh t hitung > ttabel (10,028 > 1,9861), hal ini juga diperkuat dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, maka dapat dikatakan positif dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima artinya terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien Rumah Sakit Mulya Tangerang. Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pasien