Analisa shock absorber pada sepeda motor Matic 110 cc
Main Author: | Adi Aristian, . |
---|---|
Format: | Lainnya NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Universitas Pamulang
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unpam.ac.id/5838/1/COVER.pdf http://eprints.unpam.ac.id/5838/2/BAB%20I.pdf http://eprints.unpam.ac.id/5838/3/BAB%20II.pdf http://eprints.unpam.ac.id/5838/4/BAB%20III.pdf http://eprints.unpam.ac.id/5838/5/BAB%20IV.pdf http://eprints.unpam.ac.id/5838/6/BAB%20V.pdf http://eprints.unpam.ac.id/5838/7/JURNAL.pdf http://eprints.unpam.ac.id/5838/ |
Daftar Isi:
- Shock abshorber merupakan komponen penting suatu kendaraan yaitu dalam sistem suspensi, yang berguna untuk meredam gaya osilasi dari pegas. Shock abshorber berfungsi untuk memperlambat dan mengurangi besarnya getaran gerakan dengan mengubah energi kinetik dari gerakan suspensi menjadi energi panas yang dapat dihamburkan melalui cairan hidrolik. Peredam kejut (shock abshorber) pada Sepeda motor memiliki komponen pada bagian bawahnya terhubung dengan piston dan dipasangkan dengan swing arm kendaraan, bagian atasnya terpasang dengan silinder bagian atas yang dipasangkan dengan rangka kendaraan. Fluida kental menyebabkan gaya redaman yang bergantung pada kecepatan relatif dari kedua ujung unit tersebut. Hal ini membantu untuk mengendalikan guncangan pada roda. Konstruksi shock abshorber itu terdiri atas piston, piston rod dan tabung. Piston adalah komponen dalam tabung shock abshorber yang bergerak naik turun di saat shock absorber bekerja. Sedangkan tabung adalah tempat dari minyak shock abshorber dan sekaligus ruang untuk piston bergerak naik turun. Dan yang terakhir adalah piston roda adalah batang yang menghubungkan piston dengan tabung bagian atas (tabung luar) dari shock abshorber. Dalam hal ini diperlukan kualitas sistem shock breaker yang memadai agar terciptanya kenyamanaan saat berkendara antara kekuatan, kekerasan dan keuletan yang baik dan seimbang. Kata Kunci, Shock Absorber