Daftar Isi:
  • Dalam penelitian ini yang berjudul “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Puskesmas Ciputat” penulis meneliti apakah ada hubungan yang positif antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien di Puskesmas Ciputat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: Kualitas Pelayanan yang diterapkan oleh Puskesmas Ciputat dan pengaruhnya terhadap kepuasan pasien di Puskesmas Ciputat. Penelitian ini bersifat Asosiatif dengan menggunakan metode deskriptif dan verifikatif melalui pendekatan survey. Metode pengumpulan sampel dalam penelitian ini adalah dengan metode non probability sampling yaitu suatu teknik penarikan sampel yang tidak memberikan kesempatan yang sama pada setiap anggota populasi untuk terpilih menjadi sampel. Dengan menggunakan perhitungan rumus Roa Purba Sehingga didapatkan sampel sebanyak 100 responden, teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner, wawancara, observasi dan study pustaka. Teknik analisis yang digunakan adalah uji instrument, uji regresi linier sederhana, uji korelasi product moment, uji koefisien determinasi dan uji hipotesis atau uji T dengan taraf signifikan 5% Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel kualitas pelayanan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan Pasien dengan persamaan regresi Y=19,30+0,50X, dan nilai koefisien determinasi sebesar 0,645 Artinya Kualitas Pelayanan memberikan kontribusi sebesar 41,60% % terhadap kepuasan pasien dan selebihnya 58,4% dijelaskan oleh variabel lain diluar penelitian ini. Kata Kunci : Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pasien