Daftar Isi:
  • Rika Wahyuningsih. NIM 2013150169. “Peran Guru Dalam Menanamkan Sikap Gotong Royong Peserta Didik di SMK Muhammadiyah 1 Ciputat, Tangerang Selatan”.Program Studi S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pamulang. 2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya Peran Guru dalam Menanamkan Sikap Gotong Royong Peserta Didik di SMK Muhammadiyah 1 Ciputat, Tangerang Selatan. Mengingat pentingnya gotong royong bagi manusia atau peserta didik, peserta didik cenderung bersikap acuh tak acuh dan tidak memperdulikan apa yang terjadi di lingkungan sekolah. Permasalahannya ini menjadi tugas dari guru, dan juga kepala sekolh. Lembaga sekolah , dalam hal ini guru mempunyai tugas dalam menanamkan sikap gotong royong peserta didik di SMK Muhammadiyah 1Ciputat. Salah satunya adalah melalui peranan guru dalam menanamkan sikap gotong royong peserta didik dan keteladanan dalam melaksanakan kegiatan gotong royong dikelas atau di luar di luar kelas agar peserta didik dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.Peran guru menjadi fokus utama untuk mewujudkan keberhasilan pendidikan sesuai dengan tujuan pendidikan nasional.Seorang guru tidak hanya berperan dalam menstranfer ilmu, namun berperan juga dalam pembentukan sikap siswa. Dalam hal pembentukan sikap siswa, yang menjadi tujuannya adalah menanamkan sikap gotong royong peserta didik. Melalui peran guru peserta didik dapat mengaplikasikan nilai-nilai kerja keras, menghargai kebersihan dan kesehatan , bijaksana, dan tanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metodologi penelitian kualitatif .adapun dalam pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan informasi mengenai masalah yang diteliti.Sedangkan analisis data dilakukan untuk memberikan uraian secara deskriptif dan menarik kesimpulan dari uraian tersebut.Dari analisis diatas dapat disimpulkan bahwa hasil dari penelitian membuktikan tentang peran guru dalam menanamkan sikap gotong royong peserta didik di SMK Muhammadiyah 1Ciputat ialah seorang guru menjadi panutan peserta didik.Sikap gotong royong peserta didik ialah kerja keras, menghargai kebersihan dan kesehatan lingkungan, bijaksana dan tanggung jawab.Sedangkan peran guru dalam menanamkan sikap gotong royong ialah guru sebagai pembimbing peserta didik, menasehati peserta didik, pendorong kreatifitas atau motuvasi peserta didik, tauladan peserta didik, dan meneliti peserta didik dalam kegiatan gotong royong. Kata kunci : Peran Guru, Sikap, Gotong Royong, Peserta Didik.