Daftar Isi:
  • Piutang adalah semua tuntutan atau tagihan kepada pihak lain dalam bentuk uang atau barang yang timbul dari adanya penjualan secara kredit, sedangkan kebijaksanaan penjualan adalah peroses terpenting dalam mencapai tujuan perusahaan suatu perusahaan sering melakukaan penjualan secara kredit. Oleh karena itu piutang merupakan aktiva yang sangat penting untuk dilindungi dan dikelola dengan benar demi menghasilkan profit. Terkait dengan piutang, perusahaan perlu membuat Sistem Pengendalian Intern Piutang yang menjadi acuan bagi bagian terkait dalam melaksanakan tugasnya. Penelitian ini bertujuanu ntuk mengetahui pengaruh audit internal piutang terhadap pengelolaan piutang tak tertagih. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner, dan observasi. Untuk mengetahui pengaruh audit internal piutang terhadap pengelolaan piutang tak tertagih dilakukan dengan menggunakan perhitungan statistik berupa pengujian korelasi product moment. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh koofisien korelasi (nilai “r”) sebesar 0,399 % dan hal ini berarti antara audit internal piutang dan pengelolaan piutang tak tertagih mempunyai pengaruh yang rendah. Kata Kunci: kebijaksanaan penjualan, audit internal piutang