Pengaruh kualitas audit, opini audit dan opinion shopping terhadap penerimaan opini audit going concern (studi empiris pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di bursa efek indonesia tahun 2013-2015)

Main Author: Nurfitriani Puspa Indah Sari, .
Format: Lainnya NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Pamulang , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.unpam.ac.id/5574/1/FILE%20COVER.pdf
http://eprints.unpam.ac.id/5574/2/BAB%20I.pdf
http://eprints.unpam.ac.id/5574/3/BAB%20II.pdf
http://eprints.unpam.ac.id/5574/4/BAB%20IV.pdf
http://eprints.unpam.ac.id/5574/4/BAB%20III.pdf
http://eprints.unpam.ac.id/5574/5/BAB%20V.pdf
http://eprints.unpam.ac.id/5574/6/JURNAL.pdf
http://eprints.unpam.ac.id/5574/
Daftar Isi:
  • Nama : Nurfitriani Puspa Indah Sari NIM : 2012121007 Judul : Pengaruh Kualitas Audit, Opini Audit dan Opinion Shopping Terhadap Peneriman Opini Audit Going Concern Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas audit, opini audit dan opinion shopping terhadap penerimaan opini audit going concern. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan dan laporan auditor independen yang dipublikaskan melalui internet melalui website resmi Bursa Efek Indonesia www.idx.co.id. Variabel independen dalam penelitian ini adalah kualitas audit, opini audit dan opinion shopping, sedangkan variabel dependennya adalah opini audit going concern. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Pengambilan sampel dengan menggunakkan purposive sampling. Sampel penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2013-2015. Populasi dalam penelitian ini adalah 131 perusahaan dan jumlah sampel yang diperoleh sebanyak 49 perusahaan. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan regression logistic. Dari hasil analisis pengujian menunjukkan bahwa adanya variabel kualitas audit, opini audit dan opinion shopping berpengaruh dan signifikan terhadap penerimaan opini audit going concern. Berdasarkan hasil penelitian, maka peneliti menyarankan bagi penelitian selanjutnya untuk menambah variabel penelitian terkait dengan opini audit going concern, menambah sampel dan tahun penelitian. Kata kunci: Kualitas Audit, Opini Audit, Opinion Shopping dan Opini Going Concern