Pengaruh pajak, tunneling incentive, dan mekanisme bonus terhadap keputusan Transfer pricing (studi empiris: perusahaan sektor utama yang terdaftar di bursa efek indonesia (bei) tahun 2010-2015)
Main Author: | Uswatun Khasanah, . |
---|---|
Format: | Lainnya NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Universitas Pamulang
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unpam.ac.id/5571/1/COVER.pdf http://eprints.unpam.ac.id/5571/2/BAB%20I.pdf http://eprints.unpam.ac.id/5571/3/BAB%20II%20.pdf http://eprints.unpam.ac.id/5571/4/BAB%20III.pdf http://eprints.unpam.ac.id/5571/5/BAB%20IV.pdf http://eprints.unpam.ac.id/5571/6/JURNAL.pdf http://eprints.unpam.ac.id/5571/7/BAB%20V.pdf http://eprints.unpam.ac.id/5571/ |
Daftar Isi:
- Nama : Uswatun Khasanah NIM : 2013122091 Program Studi : Akuntansi S1 Judul : Pengaruh Pajak, Tunneling Incentive, dan Mekanisme Bonus terhadap keputusan transfer pricing Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh dari pajak, tunneling incentive, dan mekanisme bonus terhadap keputusan transfer pricing pada perusahaan sektor utama yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2010-2015. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini bersifat deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yaitu penelitian yang memaparkan data atau keadaan objek secara actual. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari laporan tahunan yang dipublikasikan oleh perusahaan melalui situs www.idx.co,id, dengan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan yaitu menggunakan regresi linier berganda, Ujistatistik deskriptif, Uji asumsi klasik, dan Uji hipotesis secara parsial (Uji t), Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pajak berpengaruh signifikan terhadap keputusan transfer pricing. Hasil ini menunjukkan bahwa besarnya pajak yang ditanggung perusahaan mendorong manajemen untuk melakukan praktik transfer pricing agar laba yang dibayarkan perusahaan menjadi berkurang. Tunneling incentive berpengaruh signifikan terhadap keputusan transfer pricing. Hal ini menunjukkan bahwa transfer pricing merupakan salah satu cara yang digunakan manajemen untuk kepentingan pemegang saham mayoritas. Mekanisme bonus tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan transfer pricing. Hal ini menunjukkan bahwa jika hanya karena untuk mendapatkan bonus Direksi melakukan transfer pricing maka hal ini dapat mempengaruhi nilai perusahaan. Kata Kunci: pajak, tunneling incentive, mekanisme bonus, transfer pricing