Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Pada Puskesmas Setu Tangerang Selatan
Main Author: | Rahmayani, . |
---|---|
Format: | Lainnya NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Universitas Pamulang
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unpam.ac.id/5565/1/COVER.docx http://eprints.unpam.ac.id/5565/2/BAB%20I.docx http://eprints.unpam.ac.id/5565/3/BAB%20II.docx http://eprints.unpam.ac.id/5565/4/BAB%20III.docx http://eprints.unpam.ac.id/5565/5/BAB%20IV.docx http://eprints.unpam.ac.id/5565/6/BAB%20V.docx http://eprints.unpam.ac.id/5565/7/JURNAL.docx http://eprints.unpam.ac.id/5565/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Rahmayani, 2012052077 Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Pada Puskesmas Setu Tangerang Selatan (Dibimbing oleh Juhaeri, S.Kom, MM) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan yang diberikan oleh Puskesmas Setu Tangerang Selatan. Untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien atas pelayanan yang diberikan oleh Puskesmas Setu Tangerang Selatan. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien pada Puskesmas Setu Tangerang Selatan. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 480 pasien dengan menggunakan rumus slovin didapat sampel sebanyak 83 responden sampel diambil dengan teknik accidental sampling. Dalam penelitian ini menggunakan beberapa metode analisis pengolahan data, yaitu Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Uji Regresi Linear Sederhana, Uji Korelasi Product Moment, Uji Koefisien Detrminasi dan Uji Hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kualitas pelayanan dengan kepuasan pasien hal ini terlihat dari nilai regresi linear sebesar Y = 0,275+0,032X, hubungan antara variabel x terhadap y adalah kuat hal ini terlihat dari nilai korelasi (r) sebesar 0,6016. Berdasarkan uji determinasi kualitas pelayanan memiliki kotribusi sebesar 36,19% dalam mempengaruhi kepuasan pasien, dan sisanya sebesar 63,81% dipengaruhi faktor lain. Hasil penelitian ini juga menunjukan bahwa secara parsial (uji –t) variabel independen memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel dependen. Kata kunci : Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pasien