Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat korelasional yang bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya Pengaruh Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan PT. Gojek Indonesia Cabang Kemang. Penelitian ini dilakukan pada pelanggan pengguna jasa layanan ojek online pada PT. Gojek Indonesia cabang Kemang Jakarta Selatan. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan pengguna jasa layan anojek online pada PT. Gojek Indonesia cabang Kemang Jakarta Selatan sebanyak 100 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah accidental sampling. Ada 2 (dua) variabel yang dikaji dalam penelitian ini, yaitu Kualitas Pelayanan (X) dan Kepuasan Pelanggan (Y). Teknik pengumpulan data digunakan angket/kuesioner dan teknik analisis data digunakan analisis statistic regresi linear sederhana. Dari hasil penelitian diketahui: (1) Kualitas pelayanan yang dilakukan oleh PT.Gojek Indonesia cabang Kemang, Jakarta Selatan berada pada kategori baik. Hal ini dapat dibuktikan darihasil penyebaran kuesioner diperoleh hasil perhitungan nilai yang dicapai dengan hasil yang diharapkan diperoleh nilai sebesar 85.95%, (2) Tingkat kepuasan pelanggan PT. Gojek Indonesia cabang Kemang, Jakarta Selatan dapat dikatakan baik. Hal ini dapat dibuktikan dari perhitungan nilai yang dicapai dengan hasil yang diharapkan diperoleh nilai sebesar 88.4%, (3) Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan Pelanggan PT.Gojek Indonesia cabang Kemang, Jakarta Selatan dapat dikatakan searah, positif dan sangat kuat diperoleh koefisien korelasi (r) = 0.714. Kotribusi varaibel kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan diperoleh koefisien determinasi (R Square) sebesar0.510 atau 51.0%, maka dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan mampu mempengaruhi kepuasanpelanggan PT. Gojek Online sebesar 51,0% dan sisanya sebesar 49,0% dipengaruhi faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Hasil perhitungan uji hipotesis diketahui t hitung> t tabel, yaitu 10.108 > 1.984 maka menunjukkan hasil yang signifikan. Atau dengan kata lain Ho ditolak dan Ha diterima, yang berarti bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kualitas pelayanan dengan kepuasan pelanggan pengguna jasa layanan ojek online PT. Gojek Indonesia cabang Kemang Jakarta Selatan. Kata Kunci: Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggaan.