Daftar Isi:
  • PENGARUH KOMPETENSI TERHADAP KINERJA GURU SMK NEGERI 7 KABUPATEN TANGERANG (dibawah bimbingan Nufzatutsaniah, SEI.,MM) Permasalahan dari kompetensi dan kinerja guru di SMK N 7 Kabupaten Tangerang diantaranya Masih ada guru yang mengajar tidak sesuai dengan bidangnya; Masih ada guru yang datang hanya memberikan tugas lalu meninggalkan kelas; Fasilitas media pembelajaran yang terbatas sehingga kegiatan belajar mengajar menjadi kursang optimal; Rendahnya kinerja guru dikarenakan harus mengajar disekolah lain; dan Kurangnya jumlah guru yang mengajar pada SMKN 7 Kab. Tangerang. Besarnya pengaruh kompetensi terhadap kinerja guru di SMK NEGERI 7 Kab. Tangerang yaitu sebesar 2,1% sedangkan sisanya sebesar 97,9% dipengaruhi oleh faktor lain. Besarnya pengaruh kompetensi tersebut dihitung dengan mencari nilai koefisien determinasi yaitu dengan cara mengkuadratkan nilai koefisien yang telah ditemukan. Dengan besarnya nilai koefisien determinasi untuk variabel kompetensi dan kinerja guru maka menjelaskan besarnya pengaruh kompetensi terhadap kinerja guru SMK NEGERI 7 Kab. Tangerang sebesar 2,1% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Dengan menggunakan perhitungan regresi product moment diperoleh hasil 0,147 dan nilai tersebut dimasukan kedalam tabel pedoman interpretasi koefisien korelasi hasilnya adanya hubungan yang sangat lemah antara kompetensi dengan kinerja guru di SMK NEGERI 7 Kab. Tangerang. Kemudian untuk mengetahui tingkat signifikansi digunakan uji t diperoleh hasil sebesar 0,147 (t hitung) dengan perbandingan t table sebesar 0,339. Maka diperoleh kesimpulan t hitung < t tabel. Maka Ho diterima dan Ha ditolak, hal tersebut berarti tidak ada pengaruh yang signifikan antara kompetensi dengan kinerja guru di SMK NEGERI 7 Kab. Tangerang. Pengembangan dari guru perlu dibantu oleh Pemerintah Daerah, baik Pemerintah Daerah Kabupaten ataupun provinsi. Bantuan ini dapat berupa beasiswa untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi lagi. Kompetensi yang sudah cukup dimiliki oleh guru SMK NEGERI 7 Kab. Tangerang menjadi kendala ketika kompetensi yang dijadikan standarisasi oleh pemerintah berubah-ubah sesuai dengan pergantian kekuasaan, jadi diperlukan konsistensi kebijakan dalam penentuan kompetensi dasar dan standar dari kompetensi itu secara nasional. Kata kunci : Kompetensi dan Kinerja Guru