Materi Pendidikan Kewarganegaraan mampu Membentuk Karakter Peserta Didik”. Studi korelasi di kelas VIII MTs Daarul Hikmah Pamulang Kota Tangerang Selatan. Skripsi PKN 2014

Main Author: Herdi Wisman Jaya, .
Format: Lainnya NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Pamulang , 2014
Subjects:
Online Access: http://eprints.unpam.ac.id/513/1/Cover.pdf
http://eprints.unpam.ac.id/513/2/Skripsi%20PKN%20BAB%20I.pdf
http://eprints.unpam.ac.id/513/3/Skripsi%20PKN%20BAB%20II.pdf
http://eprints.unpam.ac.id/513/4/Skripsi%20PKN%20BAB%20III.pdf
http://eprints.unpam.ac.id/513/5/Skripsi%20PKN%20BAB%20IV.pdf
http://eprints.unpam.ac.id/513/6/Skripsi%20PKN%20BAB%20V.pdf
http://eprints.unpam.ac.id/513/
Daftar Isi:
  • Tujuan Pendidikan merupakan bagian dari kebutuhan setiap manusia untuk meningkatkan martabat manusia dan meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia yang merupakan sumber daya utama dalam pembangunan yang lebih maju. Dalam Undang-undang Republik Indonesia Nomor.20 tahun 2003 (1) disebutkan, Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri,kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat , bangsa dan Negara. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei yang merupakan bagian dari penelitian deskriptif kualitatif. Sampel penelitian ini adalah diambil dari teknik random sampling dari populasi 52 peserta didik di tetapkan sampel sebanyak 34 peserta didik. Instrument yang digunakan dalam pengumpulan data adalah berupa kuesioner dan nilai raport. Hasil Materi pendidikan kewarganegaraan mempunyai hubungan yang signifikan membentuk karakter peserta didik. Dari perhitungan hasil hipotesis yang dilakukan dengan menggunakan rumus korelasi product moment diperoleh harga indeks korelasi rhitung sebesar 2,345 sementara rtabel 0,339. Ini berarti rhitung lebih besar dari rtabel (2,345 ˃ 0,339 ). Selanjutnya untuk mengetahui tingkat keberartian kedua variabel tersebut diperoleh hasil thitung pada taraf signifikansi ( ɑ ) = 0,05 sebesar 5,96 dan ttabel 1,697 dengan demkian thitung lebih besar daripada ttabel ( 5,96 ˃ 1,697 ). Hasil ini menunjukan bahwa koefisien korelasi product moment signifiken positif yang searah. Dalam hal ini mempunyai kesimpulan bahwa materi pendidikan kewarganegaran mampu membentuk karakter peserta didik di MTs Daarul Hikmah Pamulang Kota Tangerang Selatan Kata Kunci : “ Materi pendidikan kewarganegaraan, dan karakter peserta didik”.