Analisis penerapan manajemen pengetahuan dan pengetahuan berbasis strategi untuk menciptakan keunggulan bersaing berkelanjutan (studi kasus pada smk ypui parung)
Main Author: | Wiyanto, . |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unpam.ac.id/4973/1/COVER.doc http://eprints.unpam.ac.id/4973/2/BAB%20I.docx http://eprints.unpam.ac.id/4973/3/BAB%20II.docx http://eprints.unpam.ac.id/4973/4/BAB%20III.docx http://eprints.unpam.ac.id/4973/5/BAB%20IV.docx http://eprints.unpam.ac.id/4973/6/BAB%20V.docx http://eprints.unpam.ac.id/4973/7/JURNAL.doc http://eprints.unpam.ac.id/4973/ |
Daftar Isi:
- WIYANTO. 2016. Analisis Penerapan Manajemen Pengetahuan Dan Pengetahuan Berbasis Strategi Untuk Menciptakan Keunggulan Bersaing Berkelanjutan (Studi Kasus Pada SMK Ypui Parung).Tesis, Program Pasca Sarjana, Magister Manajemen, Universitas Pamulang-Tangerang Selatan, Dosen Pembimbing I Dr.Ir.Umi Rusilowati, MM., Dosen Pembimbing II Dr.Hadi Supratikta,MM. 196 halaman. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis secara deskriptif penerapan manajemen pengetahuan dan pengetahuan berbasis strategi untuk menciptakan keunggulan bersaing berkelanjutan serta strategi-strategi untuk mengatasi kendala dalam penerapanya. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode campuran sekuensial/bertahap terutama metode eksploratori sekuensial. Dalam tahap pertama mengumpulkan dan menganalisis data kualitatif dalam menjawab rumusan masalah. Untuk melengkapi data kualitatif pada tahap kedua digunakan data kuantitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen pengetahuan di SMK YPUI Parung yang diukur dengan menggunakan 7 (tujuh) dimensi pengukuran yaitu mencipta pengetahuan, menyimpan pengetahuan, berbagi pengetahuan, memperbaharui pengetahuan, kepemimpinan, teknologi, dan budaya diklasifikasikan baik. Penerapan pengetahuan berbasis strategi juga diklasifikasikan baik. Perpaduan antara pengetahuan yang dimiliki, kapabilitas dan Sumber daya yang ada digabungkan dengan strategi bisnis yang dimiliki menghasilkan performa SMK YPUI Parung lebih bagus dibandingkan kompetitornya bahkan mampu menciptakan keunggulan bersaing berkelanjutan. Sebuah model keunggulan bersaing berkelanjutan SMK YPUI Parung sebagai hasil penelitian ini. Kata Kunci: Manajemen pengetahuan, pengetahuan berbasis strategi, keunggulan bersaing, sekolah menengah kejuruan