Analisis Strategi Bersaing Pemasaran Produk Pt.Bukit Asam (Persero) Tbk
Main Author: | H.Wahyono Soeprapto, . |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unpam.ac.id/4752/1/COVER.doc http://eprints.unpam.ac.id/4752/2/BAB%20I.docx http://eprints.unpam.ac.id/4752/3/BAB%20II.docx http://eprints.unpam.ac.id/4752/4/BAB%20III.docx http://eprints.unpam.ac.id/4752/5/BAB%20IV.docx http://eprints.unpam.ac.id/4752/6/BAB%20V.docx http://eprints.unpam.ac.id/4752/7/JURNAL.docx http://eprints.unpam.ac.id/4752/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini merupakan sebuah kajian khusus terhadap organisasi laba dari Perusahaan Negara PT. Bukit Asam (Persero) Tbk, dengan bisnis utamanya adalah batubara curah. Tujuan dari penulisan karya ilmiah ini adalah untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan (lingkungan internal perusahaan) serta mengetahui peluang dan ancaman (Lingkungan eksternal) yang ada di PT. Bukit Asam (Persero) Tbk di tengah persaingan bisnis global yang ketat, untuk mengetahui peluang dan ancaman (lingkungan eksternal perusahaan) yang dihadapi oleh PT. Bukit Asam (Persero) Tbk dan menganalisis strategi – strategi yang dapat digunakan PT. Bukit Asam Tbk yang secara efektif dan efisien serta dapat digunakan untuk meningkatkan penjualan batubara curah dalam rangka menyikapi dan menjawab strategi bersaing pada perusahaan. Dari hasil analisis dan pembahasan yang dilakukan terhadap aktifitas PT.Bukit Asam (Persero) Tbk diperoleh analisa faktor internal dan eksternal yang menggunakan matrik EFI dan EFE didapatkan nilai EFI sebesar 2,09% dan EFE sebesar 2.29%. Untuk mengetahui posisi perusahaan dan arah perkembangan selanjutnya menggunakan matrik BCG diperoleh produk unggulan PT. Bukit Asam (Persero) Tbk yang menempati posisi cash cow pada usia daur hidup pertumbuhan pangsa pasar sebesar 8,23%. Sedangkan untuk pesaingnya PT.Indominco Mandiri menempati posisi DOGS dan usia daur hidup produknya masih pertumbuhan tidak lama kemudian akan mengalami penurunan. Dengan pangsa pasar relative 0.016x dengan tingkat pertumbuhan pangsa pasar sebesar 0.95%. Dari strategi tersebut diharapkan PT.Bukit Asam (Persero) Tbk akan lebih menguasai pasar sehingga keuntungan yang akan diperoleh diharapkan didapatkan mengalami peningkatan. Kata Kunci : Strategi bersaing pemasaran, Analisis SWOT, Bauran Pemasaran, Analisis BCG, Analisis PEST + LE dan Analisis Industri.