Analisis Pengaruh Pengajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Sertifikasi Guru Terhadap Kompetensi Guru (Studi Kasus Di Sekolah Menengah Kejuruan Wilayah Tangerang Selatan)

Main Author: Dian Rostikawati, .
Format: Lainnya NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Pamulang , 2016
Subjects:
Online Access: http://eprints.unpam.ac.id/4528/1/Cover.doc
http://eprints.unpam.ac.id/4528/2/BAB%20I.doc
http://eprints.unpam.ac.id/4528/3/BAB%20II.doc
http://eprints.unpam.ac.id/4528/4/BAB%20III.doc
http://eprints.unpam.ac.id/4528/5/BAB%20IV.docx
http://eprints.unpam.ac.id/4528/6/BAB%20V.docx
http://eprints.unpam.ac.id/4528/
Daftar Isi:
  • ANALISIS PENGARUH PENGAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN SERTIFIKASI GURU TERHADAP KOMPETENSI GURU (STUDI KASUS DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN WILAYAH TANGERANG SELATAN) Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi diharapkan mampu meningkatkan keberhasilan proses belajar mengajar. Munir (2009:34) mengatakan bahwa penerapan aplikasi teknologi informasi dan komunikasi yang tepat dalam dunia pendidikan merupakan salah satu faktor kunci penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan kualitas sumber daya manusia. Tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh pengajaran berbasis teknologi informasi terhadap kompetensi guru di Sekolah Menengah Kejuruan Wilayah Tangerang Selatan. 2) Untuk mengetahui pengaruh sertifikasi guru terhadap kompetensi guru di Sekolah Menengah Kejuruan Wilayah Tangerang Selatan. 3) Untuk mengetahui pengaruh pengajaran berbasis teknologi informasi dan sertifikasi guru secara bersama-sama terhadap kompetensi guru di Sekolah Menengah Kejuruan Wilayah Tangerang Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang menekankan pada data-data nemerikal (angka-angka) yang diolah dengan metode statistika. Metode yang digunakan adalah dengan metode penelitian asosiatif. Populasi yang digunakan sebanyak 352 guru Sekolah Menengah Kejuruan Wilayah Tangerang Selatan sudah sertifikasi. Teknik pengambilan sampel menggunakan rumus Slovin, sehingga sampel yang didapat sebanyak 187 orang guru Sekolah Menengah Kejuruan Wilayah Tangerang Selatan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Pengajaran berbasis teknologi informasi berpengaruh signifikan terhadap kompetensi guru di Sekolah Menengah Kejuruan Wilayah Tangerang Selatan. 2) Sertifikasi guru berpengaruh signifikan terhadap kompetensi guru di Sekolah Menengah Kejuruan Wilayah Tangerang Selatan. 3) Pengajaran berbasis teknologi informasi dan sertifikasi guru secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kompetensi guru di Sekolah Menengah Kejuruan Wilayah Tangerang Selatan. Kata Kunci: Pengajaran Berbasis Teknologi Informasi, Sertifikasi Guru, Kompetensi Guru