Daftar Isi:
  • ABSTRAK Hikmah Maulidah, 2013054851, Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan pada Carrefour MT. Haryono Jakarta Selatan. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui kualitas pelayanan pada Carrefour MT. Haryono Jakarta Selatan, untuk mengetahui kepuasan pelanggan pada Carrefour MT. Haryono Jakarta Selatan, dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada Carrefour MT. Haryono Jakarta Selatan. Populasi dalam penelitian ini sangat banyak jumlahnya sehingga untuk mengetahuinya menggunakan rumus Rao Purba dan sempel yang digunakan sebanyak 96 responden. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik Non – Probability Sampling dengan pendekatan Accindental Sampling. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari kualitas pelayanan sebagai variabel bebas dan kepuasan pelanggan sebagai variabel terikat. Metode pengumpulan data menggunakan angket/ skala Likert. Analisis data menggunakan analisis uji koefisien product moment, regresi linier sederhana, uji koefisien determinasi (KD), uji signifikasi. Berdasarkan hasil analisis, kualitas pelayanan (X) yang diterapkan Carrefour MT. Haryono Jakarta Selatan dikategorikan Baik. Kepuasan Pelanggan Carrefour MT. Haryono Jakarta Selatan dikategorikan Baik. terdapat pengaruh positif antara Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan dengan nilai regresi sebesar 0,630. Nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,719 artinya kualitas pelayanan memiliki hubungan yang kuat terhadap kepuasan pelanggan dan nilai determinasi (Kd) sebesar 0,518 atau 51,8% sedangkan sisanya sebesar 48,2% dipengaruhi oleh faktor lain. Pengujian hipotesis menggunakan uji statistik t hitung diperoleh t hitung > ttabel (10,042 > 1,9855), hal ini juga diperkuat dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, maka dapat dikatakan signifikan. Dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima artinya terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan pada Carrefour MT. Haryono Jakarta Selatan. Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan