Pengaruh Kedisiplinan Siswa Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS di SMA Negeri 6 Tangerang Selatan
Main Author: | Musyarofah, . |
---|---|
Format: | Lainnya NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Universitas Pamulang
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unpam.ac.id/4408/1/COVER.docx http://eprints.unpam.ac.id/4408/2/BAB%20I.docx http://eprints.unpam.ac.id/4408/3/BAB%20II.docx http://eprints.unpam.ac.id/4408/4/BAB%20III.docx http://eprints.unpam.ac.id/4408/5/BAB%20IV.docx http://eprints.unpam.ac.id/4408/6/BAB%20V.docx http://eprints.unpam.ac.id/4408/7/JURNAL.docx http://eprints.unpam.ac.id/4408/ |
Daftar Isi:
- Kata Kunci: Disiplin, Prestasi Belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kedisiplinan Siswa terhadap Prestasi Belajar pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS di SMA Negeri 6 Tangerang Selatan. Penelitian ini mengkaji tentang Pengaruh Kedisiplinan Siswa terhadap Prestasi Belajar pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS di SMA Negeri 6 Tangerang Selatan. Penelitian ini menggunakan rancangan kuantitatif dalam hal ini siswa bertindak sebagai objek utama penelitian. Data yang dihasilkan pada penelitian ini adalah hasil responden angket. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 6 Tangerang Selatan. Yang menjadi sampel penelitian dalam penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 6 Tangerang Selatan dengan jumlah sampel 125 siswa yang merupakan bagian dari populasi yang jumlahnya 181 siswa . Dalam penelitian ini pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, wawancara, dan angket. Temuan pada penelitian ini menunjukan bahwa Pengaruh kedisiplinan signifikan terhadap Prestasi Belajar pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS di SMA Negeri 6 Tangerang Selatan, di lihat dari Berdasarkan output model summary nilai r2 Sebesar 0,518, yang berarti besaran Pengaruh Kedisiplinan Siswa terhadap Prestasi Belajar dalam pembelajaran sebesar 51,8 % dan 41,2 % diPengaruhi oleh faktor lain. Pada penelitian ini di peroleh hasil bahwa rata-rata Pengaruh Kedisiplinan Siswa berkategori baik. Hal tersebut ditandai oleh hasil rata-rata ulangan tengah semester pada Prestasi Belajar Kelas X IPS dalam pembelajaran ekonomi 85.3440 termasuk kriteria sangat baik. Hal tersebut dikarenakan siswa memiliki kedisiplinan, dan besaran Pengaruh Kedisiplinan Siswa terhadap Prestasi Belajar Kelas X IPS sebesar 51,8 % dan 41,2 % dipengaruhi oleh faktor lain. Adapun persamaan regresi linier sederhana Ŷ = 40.755+0,553x