Penanaman Karakter Disiplin Melalui Proses Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Pada Perilaku siswa kelas X di SMA Taruna Mandiri

Main Author: Dadang Darnia, .
Format: Lainnya NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Pamulang , 2018
Subjects:
Online Access: http://eprints.unpam.ac.id/4381/1/COVER%20.doc
http://eprints.unpam.ac.id/4381/2/BAB%20I.doc
http://eprints.unpam.ac.id/4381/3/BAB%20II.doc
http://eprints.unpam.ac.id/4381/4/BAB%20III.docx
http://eprints.unpam.ac.id/4381/5/BAB%20IV.docx
http://eprints.unpam.ac.id/4381/6/BAB%20V.doc
http://eprints.unpam.ac.id/4381/7/JURNAL%20.docx
http://eprints.unpam.ac.id/4381/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran secara rinci tentang masalah disiplin yang dilaksanakan di sekolah, Untuk mengetahui penanaman Karakter disiplin melalui proses pembelajaran pendidikan kewarganegaran pada siswa kelas X. Metode penlitian ini menggunakan observasi, angket dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penanaman karakter disiplin melalui proses pembelajaran pendidikan kewarganegaraan pada siswa kelas X SMA Taruna Mandiri Pondok Benda Pamulang 2 sudah cukup berhasil, walaupun di dalam pelaksanaannya masih ada hambatan. Karena perilaku siswa dapat menentukan kenyamanan yang ada di dalam kelas, Saran yang diberikan adalah perlu adanya pelatihan-pelatihan guru untuk dapat mengatasi tantangan zaman yang sekarang ini terus mengikis sikap disiplin, memberikan teladan yang baik kepada siswa, dan perlu adanya peningkatan ataupun dukungan seluruh warga sekolah ( kepala sekolah, guru, staf, dan karyawan) dalam penanaman karakter disiplin di sekolah. Kata Kunci : Karakter disiplin, mata pelajaran pendidikan Kewarganegaraan, perilaku siswa