Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran IPS di SMP Negeri 24 Tangerang
Main Author: | Devy Puspitasari, . |
---|---|
Format: | Lainnya NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Universitas Pamulang
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unpam.ac.id/4362/1/COVER.doc http://eprints.unpam.ac.id/4362/2/BAB%20I.doc http://eprints.unpam.ac.id/4362/3/BAB%20II.doc http://eprints.unpam.ac.id/4362/4/BAB%20III.doc http://eprints.unpam.ac.id/4362/5/BAB%20IV.doc http://eprints.unpam.ac.id/4362/6/BAB%20V.doc http://eprints.unpam.ac.id/4362/7/JURNAL.docx http://eprints.unpam.ac.id/4362/ |
Daftar Isi:
- Kata Kunci: Perhatian Orang Tua, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar Dalam kegiatan pembelajaran perhatian orang tua dan motivasi belajar sangatlah penting hal tersebut dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa. Perhatian orang tua dan motivasi belajar yang kurang mendukung menyebabkan rendahnya prestasi belajar siswa. Untuk mengatasi hal tersebut, dibutuhkan perhatian orang tua yang intens dan motivasi belajar yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perhatian orang tua dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 24 Tangerang. Adapun populasi dalam penelitian ini ada 214 siswa dengan sampel 138 siswa. Metode yang digunakan yaitu kuantitatif, dengan rancangan penelitian menggunakan Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, dokumentasi, observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan analisis statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh antara perhatian orang tua dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar dengan persamaan regresi Y = 14,524 + 0,442x1 + 0,602x2 tingkat hubungan dua variabel tersebut yang kuat dan besar sumbangsih pengaruh perhatian orang tua dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar sebesar 61,5%, dan 38,5% dipengaruhi faktor lain.dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dikaji di dalam penelitian ini. Berdasarkan pembahasan diatas dapat disimpulkan bahwa perhatian orang tua dan motivasi belajar mampu meningkatkan prestasi belajar siswa apabila perhatian orang tua dan motivasi belajar saling mendukung. Pihak orang tua hendaknya ikut serta membimbing dan memotivasi anaknya dalam belajar di rumah dan siswa perlu meningkatkan motivasi belajar dengan banyak membaca, mencari dan memecahkan soal-soal IPS dari berbagai sumber. Dengan begitu maka prestasi belajar siswa akan lebih baik.