Metode diskusi dan metode sosiodrama dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan (studi komparasi di kelas XI SMK Sasmita Jaya 2 Pamulang)
Main Author: | Handayani, Ira |
---|---|
Format: | Lainnya NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Pamulang
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unpam.ac.id/389/2/Skripsi%20PKn%20BAB%20I.pdf http://eprints.unpam.ac.id/389/3/Skripsi%20PKn%20BAB%20II.pdf http://eprints.unpam.ac.id/389/4/Skripsi%20PKn%20BAB%20III.pdf http://eprints.unpam.ac.id/389/5/Skripsi%20PKn%20BAB%20IV.pdf http://eprints.unpam.ac.id/389/6/Skripsi%20PKn%20BAB%20V.pdf http://eprints.unpam.ac.id/389/ |
Daftar Isi:
- Ira Handayani, 2011150130. Metode Diskusi dan Metode Sosiodrama dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (Studi Komparasi Kelas XI SMK Sasmita Jaya 2 Pamulang Tangerang Selatan Tahun Pelajaran 2014/2015). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil perbandingan dalam menggunakan metode sosiodrama dengan metode diskusi terhadap hasil belajar pada peserta didik di dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di SMK Sasmita Jaya 2 Pamulang Tangerang Selatan kelas XI tahun pelajaran 2014/2015. Dalam penelitian ini uji normalitas skor kelompok peserta didik yang menggunakan pembelajaran metode sosiodrama diperoleh harga Lh = 0,1374 dan untuk pembelajaran metode diskusi Lh = 0,1258 sedangkan Ltabel untuk kelompok peserta didik yang menggunakan metode sosiodrama adalah 0,161 dan Ltabel kelompok peserta didik yang menggunakan metode diskusi adalah 0,161 yang berarti kedua kelompok populasi berdistribusi normal. Dari hasil penelitian ini diperoleh peserta didik yang berasal dari kelompok pembelajaran dengan metode sosiodrama rata-rata seluruhnya 72,9 dengan standar deviasi 9,13 dan kelompok peserta didik yang mendapat pembelajaran dengan metode diskusi rata-rata skor seluruhnya 55,3 dengan standar deviasi 8,04. Jadi, perbandingan antara metode sosiodrama dengan metode diskusi adalah 9,13 dan 8,04. Dari hasil perhitugan didapat harga Thitung = 8,529 dan Ttabel = 2,002 berarti Thitung > Ttabel maka hipotesis diterima. Dengan kata lain data menunjukkan bahwa hasil belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan peserta didik yang menggunakan metode sosiodrama lebih baik dibandingkan hasil belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan peserta didik yang menggunakan metode diskusi di SMK Sasmita Jaya 2 Pamulang. Kata Kunci : Metode Sosiodrama, Metode Diskusi, Hasil Belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan