Project Based Learning dan Ceramah Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (Studi Komparasi di MTs Daarul Hikmah Pamulang Barat Tahun Pelajaran 2017)

Main Author: Khumaedah, .
Format: Lainnya NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Pamulang , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.unpam.ac.id/3884/1/FILE%20COVER.docx
http://eprints.unpam.ac.id/3884/2/BAB%20I.docx
http://eprints.unpam.ac.id/3884/3/BAB%20II.docx
http://eprints.unpam.ac.id/3884/4/BAB%20III.docx
http://eprints.unpam.ac.id/3884/5/BAB%20IV.docx
http://eprints.unpam.ac.id/3884/6/BAB%20V.docx
http://eprints.unpam.ac.id/3884/7/JURNAL.docx
http://eprints.unpam.ac.id/3884/
Daftar Isi:
  • Tujuan utama dalam penelitian ini adalah untuk membuktikan apakah metode project based learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dibandingkan dengan metode ceramah. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII MTS Daarul Hikmah Pamulang Barat. Indikator adalah skor yang diperoleh peserta didik melalui tes pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Alat pengumpulan data penelitian menggunakan tes hasil belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Dari hasil penelitian ini diperoleh, peserta didik yang mendapatkan pembelajaran dengan metode project based learning dengan rata-rata skor seluruhnya 80,33 dengan standar deviasi 9,8 dan peserta didik yang mendapatkan pembelajaran dengan metode ceramah dengan rata-rata skor 78,8 dan standar deviasi 14,60. Dari hasil perhitungan uji hipotesis didapat harga t_hitung = 3,61 dan〖 t〗_tabel = 1,683 berartit_(hitung ≥) 〖 t〗_tabel maka hipotesis ditolak. Dengan perkataan lain yang menunjukan bahwa metode project based learning dapat meningkatkan hasil belajar pendidikan pancasila dan kewarganegaraan peserta didik dibandingkan dengan metode ceramah. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode project based learning dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dibandingkan dengan metode ceramah di Kelas VII MTS Daarul Hikmah Pamulang Barat. Kata Kunci : Metode Project Based Learning, Metode Ceramah, Hasil Belajar